Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Terima 200 Dosis, Sebanyak 99 Ekor Sapi di Bangka Tengah Divaksin PMK untuk Pertama Kalinya

Petugas dan dokter hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah melakukan pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: nurhayati
Ist/Dinas Pertanian Bateng
Para petugas dan dokter hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah saat menyuntik vaksin PMK untuk sejumlah sapi yang ada di Kecamatan Koba dan Lubuk Besar, Sabtu (25/6/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Meski cuaca terik dan menggenakan jas hujan berbahan plastik sebagai Alat Pelindung Diri (APD), petugas dan dokter hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah tetap semangat melakukan pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sejumlah peternakan sapi di beberapa desa yang ada di Kecamatan Lubuk Besar dan Koba mereka datangi untuk menyuntik sapi- sapi agar terbebas dari penyakit yang dinilai memiliki tingkat penularan yang cukup tinggi itu.

Hari ini, Sabtu (25/6/2022), total ada sebanyak 99 ekor sapi yang telah disuntik vaksin PMK untuk pertama kalinya.

Baca juga: Terungkap, Ternyata Begini Kelakuan Jamal Mirdad si Pembunuh Ibu Kandung di Kampungnya

Baca juga: Simpan Enam Paket Sabu, Petani di Payung Diringkus Tim Cheetah Polres Bangka Selatan

Koordinator Dokter Hewan di Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, drh Rahmawati mengatakan pemberian vaksin PMK ini dilakukan sebanyak tiga kali.

"Jadi ini adalah pemberian vaksin yang perdana. Selanjutnya untuk dosis kedua akan diberikan sekitar empat minggu setelah dosis satu. Sedangkan dosis ketiga diberikan enam bulan setelah dosis kedua," jelas Rahma.

Menurutnya, kemungkinan vaksinasi PMK ini akan dilakukan setiap tahun dalam rangka eradikasi (pemusnahan atau pemberantasan penyakit-red) hingga Indonesia kembali bebas dari PMK.

Para petugas dan dokter hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah saat menyuntik vaksin PMK untuk sejumlah sapi yang ada di Kecamatan Koba dan Lubuk Besar, Sabtu (25/6/2022). (Ist/Dinas Pertanian Bateng)
Para petugas dan dokter hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah saat menyuntik vaksin PMK untuk sejumlah sapi yang ada di Kecamatan Koba dan Lubuk Besar, Sabtu (25/6/2022). (Ist/Dinas Pertanian Bateng) (Ist/Dinas Pertanian Bateng)

Diakui Rahma, Provinsi Bangka Belitung mendapatkan sebanyak 800 dosis vaksin PMK dari pemerintah pusat untuk kemudian didistribusikan di tujuh kabupaten/kota.

"Dari jumlah tersebut, Kabupaten Bangka Tengah mendapatkan jatah sebanyak 200 dosis yang mana setengahnya sudah kita pakai pada hari ini," ungkapnya.

Ia mengatakan, selanjutnya vaksinasi PMK akan kembali dilakukan hari Senin atau Selasa mendatang di wilayah Sungai Selan.

Baca juga: Kematian Wanita Paruh Baya di Desa Pinang Sebatang Ternyata Dibunuh oleh Anaknya

Baca juga: Sulap Lahan Bekas Tambang jadi Agrowisata dan Sirkuit Balap, Andri Rela Rogoh Kocek Setengah Miliar

Diketahui, sampai sejauh ini, tiga kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah yakni, Lubuk Besar, Koba dan Sungaiselan belum ada laporan terkait kasus PMK.

"Untuk penambahan vaksin nanti akan diberitahukan oleh pemerintah pusat. Mungkin pengirimannya akan dilakukan setelah semua dosis yang ada sekarang telah terpakai semuanya," jelas Rahma.

Ia berharap, dengan begini wabah PMK bisa segera hilang sehingga tidak merugikan masyarakat, khususnya para pengusaha dan peternak sapi.

( Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved