Breaking News:

Berita Bangka Barat

Kuota PPDB SMAN 1 Muntok 288 Siswa, Masih Kurang 38 Kursi, Kepsek Tegaskan Tak Ada Kecurangan

Pihaknya juga akan membantu orang tua dan siswa yang mengalami kesulitan saat mendaftar di SMA Negeri 1 Muntok.

Penulis: Yuranda | Editor: Novita
Bangkapos.com/Yuranda
Siswa SMP dan orang tua siswa mendatangi SMAN 1 Muntok untuk mendaftar ulang atau memverifikasi data yang terkendala saat daftar PPDB Bangka Barat secara online. Rabu (29/6/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - SMA Negeri 1 Muntok menetapkan kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sebanyak 288 siswa untuk tahun ajaran 2022-2023. Kendati demikian, pihak sekolah masih kekurangan siswa hingga saat ini baru mencapai 222 siswa yang mendaftar.

"Sampai pukul 12.00 WIB siang, baru 222 pendaftaran. Kuota 288, masih kurang 38 kursi. Sementara jalur prestasi kuota 5 persen tidak terpenuhi, hanya 4,5 persen, ada satu orang yang tidak mendaftar di sini, jadi hanya 13 orang," beber Kepala SMA Negeri 1 Muntok, Bangka Barat, Rimayani, Rabu (29/6/2022).

Kata dia, untuk jalur prestasi ini diprioritaskan untuk anak-anak di luar zonasi bukan seperti tahun kemarin yang di dalam zonasi juga diterima.

"Kalau anak-anak yang di dalam zonasi yang berprestasi masuk jalur zonasi," ujarnya.

Misalkan, sudah melebihi kuota pendaftaran, pihaknya tetap menerima siswa yang mendaftar penerimaan tersebut berakhir pada Jumat (1/7/2022) pukul 24.00 WIB.

"Kalau kelebihan, kami akan koordinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan. Paling kami ambil yang mendekati zona dan nilai rapor tertinggi. Kalau sudah cukup paling tidak menjadi siswa cadangan," ungkapnya.

Ia juga menegaskan di sekolah yang dipimpin tidak ada kecurangan lantaran tidak ada tes untuk masuk SMA.

Rimayani juga memastikan sampai saat ini tidak ada peserta didik titipan pejabat. Pasalnya, saat ini sudah menggunakan jalur zonasi.

Bantu Siswa dan Orang Tua

Kepala SMA Negeri 1 Muntok, Bangka Barat, Rimayani, membenarkan kesulitan para siswa dan orang tuanya dalam mendaftar masuk sekolah melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA online atau daring.

Pihaknya juga akan membantu orang tua dan siswa yang mengalami kesulitan saat mendaftar di SMA Negeri 1 Muntok.

"Ada sebagai orang tua yang datang ke sini. Kami bantu, baik yang menggunakan handphone dan laptop kami bantuin, sampai mereka terdaftar," kata Rimayani saat dijumpai, Rabu (29/6/2022).

Saat ini, di SMA Negeri 1 Muntok masuk tahapan kedua PPDB, yakni tahapan zonasi. Sementara tahapan pertama afirmasi dan prestasi sudah selesai pada Selasa (28/6/2022).

"Ini tahapan kedua zonasi. Kemarin tahapan pertama afirmasi dan prestasi ada 13 siswa yang terdaftar masih kurang satu siswa," kata dia.

Jalur pendaftaran zonasi dibagi tiga zona. Di antaranya zona pertama yang dekat dari sekolah diambil 60 persen, zona kedua lebih jauh dari zona pertama diambil 25 persen dan zona ketiga seterusnya diambil 15 persen.(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved