Breaking News:

Berita Bangka Barat

Jelang Hari Raya Idul Adha Harga Kambing Mengalami Kenaikan di Muntok Bangka Barat

Menjelang hari raya kurban atau Iduladha 1443H/2022, harga hewan kurban jenis kambing di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Sejumlah hewan kurban jenis kambing di jual di lapak Yang Lisa di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Muntok, Bangka Barat, Kamis (30/6/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Menjelang hari raya kurban atau Iduladha 1443H/2022, harga hewan kurban jenis kambing di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepuluan Bangka Belitung mengalami kenaikan.

Pasalnya, kenaikan harga ini diduga disebabkan merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak dan menyebabkan biaya pemeliharaannya membengkak.

Gilang (22) penjual kambing di Jalan Jenderal Sudirman, Muntok mengatakan, harga kambing yang dijual  di lapak milik Yang Lisa ini beragam. 

Untuk kambing ukuran sedang dan besar dibandrol mulai Rp3 juta hingga Rp5,5 juta per ekornya. 

"Harganya mulai dari Rp3 juta sampai Rp5,5 juta per ekornya. Mengalami kenaikan karena ada penyakit PMK. Ini juga harus pakai surat karantina hewan untuk menyebrang dari Lampung," kata Gilang, dijumpai Bangkapos.com, Kamis (30/6/2022).

Kendati demikian, ia tetap bersyukur dari 44 ekor hewan kurban, masih tersisa delapan ekor yang belum terjual. 

"Alhamdulillah dari 44 ekor masih 8 ekor yang belum laku. Ini ada kambing orang yang dititipkan, H-1 lebaran akan kami antar, kalau ada yang mati otomatis kami ganti," ungkap Gilang

Sebelumnya Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat sudah melakukan pengecekan terkait kesehatan kambing yang ada di lapaknya.

"Beberapa waktu lalu sudah dari dinas yang mengecek kesehatan hewan kami ini. Dua hari ke depan kemungkinan ada datang lagi dari Lampung," ucapnya.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved