Breaking News:

Berita Sungailiat

Petugas Damkar Bangka Ajarkan Kader Adiwiyata SDN 21 Sungailiat Padamkan Api Kebakaran

Satuan Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Bangka melakukan sosialisasi tata cara pemadaman kebakaran di SDN 21 Sungailiat.

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Satuan Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Bangka melakukan sosialisasi tata cara pemadaman kebakaran di SDN 21 Sungailiat kepada para kader Adiwiyata, Kamis (30/06/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Satuan Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Bangka melakukan sosialisasi tata cara pemadaman kebakaran di SDN 21 Sungailiat kepada para kader Adiwiyata, Kamis (30/06/2022).

Program Adiwiyata merupakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Kabupaten Bangka, Supriyanto mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan kepada para siswa dan guru yang menjadi kader Adiwiyata mengenai alat-alat pemadam kebakaran, terutama Apar (alat pemadam api ringan).

"Kita ketahui Apar ini wajib ada di setiap sekolah, namun banyak belum mengetahui tatacara penggunaan dan cara penyelamatan lainnya, karena itu kita melakukan sosialisasi mengenai hal ini sejak anak usia dini," kata Supriyanto. 

Baca juga: Sulit Diminta Keterangan Terkait Sampah, Kadin dan Kabid DLH Bangka Barat Saling Lempar

Baca juga: Rp19,1 Miliar Bakal Cair untuk Gaji ke-13, Bupati Bangka Tengah : Gunakan untuk Keperluan Sekolah

Ditambahkannya, juga memberikan nomor kontak untuk melaporkan bila ada melihat kejadian kebakaran, supaya cepat ditangani petugas damkar sehingga tidak menimbulkan dampak yang lebih besar.

"Silahkan hubungi ke nomor kontak 08117110113 untuk menghubungi Kantor Damkar Kabupaten Bangka," sarannya.

Satuan Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Bangka melakukan sosialisasi tata cara pemadaman kebakaran di SDN 21 Sungailiat kepada para kader Adiwiyata, Kamis (30/06/2022).
Satuan Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Bangka melakukan sosialisasi tata cara pemadaman kebakaran di SDN 21 Sungailiat kepada para kader Adiwiyata, Kamis (30/06/2022). (Bangkapos.com/Edwardi)

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 21 Sungailiat, Sukarsih  mengatakan salah satu upaya sekolah untuk mengikuti penilaian sebagai calon sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dengan melakukan sosialisasi mengenai tatacara pemadaman kebakaran.

"Alhamdulillah para petugas Damkar  Kabupaten Bangka hari ini mengajarkan kader Adiwiyata sekolah kami tentang manfaat alat pemadam kebakaran," kata Sukarsih.

Baca juga: Terungkap 400 Gram Sabu Asal Palembang Rencananya Diterima PU Seorang Wanita di Pangkalpinang

Baca juga: Sempat Kabur, Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi Asal Kurau Akhirnya Serahkan diri ke Polda Babel

Menurutnya selain itu petugas damkar mengajarkan hal-hal lain, seperti tatacara penanganan ular, tawon, anjing galak dan lainnya.

"Setelah itu anak-anak juga diajak keliling Kota Sungailiat menaiki mobil Damkar Kabupaten Bangka," ujarnya.

Sedangkan Kabid Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Bangka, Tri Rachmawati mengatakan dalam penilaian sekolah Adiwiyata ini ada poin terkait keikutsertaan kader Adiwiyata dalam membantu memadamkan kebakaran lahan dan lingkungan sekolah serta sekitarnya.

"Dengan ada kader Adiwiyata yang diajarkan tatacara penggunaan Apar diharapkan dapat berguna bila menghadapi situasi musibah kebakaran dan lainnya," kata Tri Rachmawati. 

( Bangkapos.com'> Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved