Breaking News:

Relokasi Masyarakat di Tanjung Laut Muntok Masih Menjadi PR Besar, Lantaran Banyak Kendala

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) berencana untuk merelokasi masyarakat yang berada di Kawasan Kampung Tanjung Laut.

Penulis: Yuranda | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Yuranda
Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Bangka Barat, Henson. Menurutnya, relokasi masyarakat di Tanjung Laut, Muntok, masih PR besar lantaran banyak kendala. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) berencana untuk merelokasi masyarakat yang berada di Kawasan Kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Namun, untuk memindahkan masyarakat yang berada di kawasan tersebut, pemerintah masih harus melakukan pengkajian mulai dari lahan untuk mendirikan kembali rumah mereka dan penyusunan Detail Engineering Design (DED).

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Bangka Barat, Henson mengatakan, untuk merelokasi warga yang ada di sana masih menjadi pekerjaan rumah (PR). Lantaran, masih terkendala lahan dan DEDnya. 

"Masalah lahan. Kalau tanahnya bukan milik pemerintah sedikit sulit karena harus ganti rugi, sedangka saat ini kita tidak ada uang lagi. Untuk rencana relokasi ini sangat bagus, kami sangat mendukung rencana kepala daerah," kata Henson, dijumpai di kantornya, Jumat (1/7/2022).

Terpisah, Kabid Perumahan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Bangka Barat Surya Mardiansyah mengatakan, saat ini pihaknya sedang berusaha melakukan pendataan terlebih dulu, sebelum merelokasi warga dari sana.

"Kalau bicara relokasi sekarang kita sedang berusaha secara administrasi karena relokasi ini tidak segampang yang dipikirkan. Relokasi itu dilakukan terkait kawasan bencana dan kalau sudah padat penduduk kami pindahkan," kata Surya.

Sedangkan syarat untuk memindahkan penduduk dari satu daerah harus menetapkan kawasan tersebut rawan terjadi bencana terlebih dahulu.

"Memang kita tahun Kampung Tanjung Laut sering terjadi bencana. Kalau itu belum ditetapkan kami belum bisa merelokasinya. Ketika sudah ditetapkan kami baru identifikasi lahan potensial dulu," ungkapnya.

Setelah menentukan lahan yang menjadi tempat relokasi, baru pihaknya akan merancangkan Detail Engineering Design (DED) dan bentuk seat plan perumahannya.

"Jadi untuk sekarang relokasi belum bisa, kemungkinan ke depannya kita akan bentuk tim paling tidak kita identifikasi terlebih dahulu," ujarnya. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved