Breaking News:

Berita Bangka Barat

Nelayan Harus Waspada Cuaca Ekstrem di Bangka Barat, Basarnas Imbau Siapkan Alat Keselamatan

Kepala Unit SAR Siaga Muntok, Bangka Barat, Pani, mengatakan, kondisi di Bangka Barat saat ini tidak menentu lantaran cepat berubah.

Penulis: Yuranda | Editor: Novita
Bangkapos.com/Yuranda
Kepala Unit SAR Siaga Muntok, Bangka Barat, Pani 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Unit SAR Siaga (Basarnas) Kabupaten Bangka Barat mengimbau kepada masyarakat, khususnya nelayan dan pemancing di wilayahnya, agar tetap waspada lantaran kondisi cuaca tidak menentu atau ektrem.

Kepala Unit SAR Siaga Muntok, Bangka Barat, Pani, mengatakan, kondisi di Bangka Barat saat ini tidak menentu lantaran cepat berubah.

Ia mengingatkan kepada nelayan, sebelum melaut memantau kondisi cuaca di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta menyiapkan alat keselamatan di kapal.

"Kalau cuaca saat ini tidak bisa diprediksi kadang berubah dengan cepat. Untuk nelayan, sebelum melaut siapkan alat kesehatan, seperti life jacket, dan pelampung serta melihat kondisi cuaca di BMKG," kata Pani, Senin (4/7/2022).

Selain itu, sebelum berangkat ke tengah laut, harus memberitahukan kepada keluarga dan masyarakat sekitar berpergian ke arah mana.

Pasalnya, apabila ada kejadian yang tak diinginkan terjadi bisa dapat selamat atau bisa ditemukan.

"Setelah semuanya sudah lengkap, dan jangan lupa bawa alat komunikasi minimal handphone yang ada sinyalnya. Supaya bisa berkomunikasi dengan orang yang ada di pesisir pantai apabila ada kejadian di tengah laut," imbaunya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang sedang mandi di pantai tetap memperhatikan keselamatan, terutama untuk anak anak.

"Orang tuanya jangan lengah untuk memantau buah hati bisa mandi di pinggir laut. Ditakutkan terjadi gelombang besar yang bisa menyeret hingga ke tengah laut," ucapnya. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved