Breaking News:

Berita Bangka Barat

Pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular Sudah 94 Persen, Bupati Bangka Barat Harap Bisa Tingkatkan PAD

Pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular, di Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, sudah mencapai 94 persen.

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Kondisi Pelabuhan Tanjung Ular, Desa Airputih, Kecamatan Muntok, Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (3/7/2022) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Staf Teknis PT Sena Sanjaya selaku kontraktor pelaksana proyek pelabuhan laut, Andre menyebut progres pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular, di Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mencapai 94 persen.

Pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular tersebut menggunakan dana kementerian mencapai Rp94 miliar.

Namun, dikarenakan adanya adendum biaya bertambah menjadi Rp102 miliar.

"Sekarang progresnya sudah sampai 94 persen, di mana pekerjaan di sisi laut kita tinggal hanya memasang fender dan kanstin tipe A," kata Andre, Senin (4/7/2022) kepada Bangkapos.com.

Baca juga: Dua Pengendara Motor Tewas Kecelakaan di Jalan Raya Desa Penyak Bangka Tengah, Berikut Kronologisnya

Baca juga: Tim Gradak Polres Bangka Bekuk Drong dalam Kamar, Amankan Barang Bukti 16,88 Gram Sabu

Selanjutnya pembangunan dipekerjaan di sisi darat, seperti pembangunan kantor, rumah dinas, gudang, dan saluran-saluran yang ada di pelabuhan.

"Kalau pembangunan, kita kontraknya dari Desember 2020 terus mulai pengerjaan di Januari 2021. Nilainya ada Rp94 miliar, kita ada adendum menjadi Rp102 miliar," jelas Andre.

Bupati Bangka Barat Sukirman dan Wakilnya Bong Ming Ming berserta rombongan meninjau Pelabuhan Tanjung Ular, Desa Airputih, Kecamatan Muntok Bangka Barat, menyambut Mentri Perhubungan, Minggu (3/7/2022)
Bupati Bangka Barat Sukirman dan Wakilnya Bong Ming Ming berserta rombongan meninjau Pelabuhan Tanjung Ular, Desa Airputih, Kecamatan Muntok Bangka Barat, menyambut Mentri Perhubungan, Minggu (3/7/2022) (Bangkapos.com/Yuranda)

Terpisah, Bupati Bangka Barat, Sukirman menyambut baik dengan progres pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular.

Dirinya berharap pelabuhan ini nantinya dapat dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Sampai sekarang kita cukup senang karena pembangunannya sudah sampai 94 persen. Mudah-mudahan infrastrukturnya akan selesai tepat pada waktu dan bisa dikelola Pemda untuk meningkatkan PAD, " kata Sukirman.

Baca juga: Dona Ing Eks Karyawati Alfamart Sering Ganti Nomor hingga Minta Uang, Sang Ayah Ada Firasat Buruk

Baca juga: Detik-detik Bocah 3 Tahun Selamat dari Lakalaut Usai Perahu Tabrak Terumbu Karang di Perairan Bangka

Menurutnya, Pelabuhan Tanjung Ular akan dioperasikan tahun 2022 ini juga bila serangkaian tahapan seperti uji sandar pelabuhan, peresmian, hingga serah terima sudah dilakukan.

"Beroperasi di tahun 2022 ini, pertama di uji coba dulu kemudian diresmikan untuk melepas dari pihak yang membangun sampai yang diserahkan. Sementara dari Kementerian Perhubungan, baru nanti diserahkan ke Bangka Barat, " ucapnya.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved