Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Jelang Tahun Ajaran Baru, Libur Sekolah di Pangkalpinang Kembali Diperpanjang, Ini Penjelasannya

Pemerintah resmi memperpanjang libur sekolah di sejumlah daerah, seperti di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terutama di Kota Pangkalpinang.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Rita Aminah. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah resmi memperpanjang libur sekolah di sejumlah daerah, seperti di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terutama di Kota Pangkalpinang.

Siswa di daerah tersebut semula dijadwalkan akan melaksanakan pembelajaran pada Senin, 11 Juli  2022.

Namun jadwal masuk sekolah itu diperpanjang 3 hari menjadi Kamis, 14 Juli 2022.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Rita Aminah mengatakan, kebijakan tersebut sesuai dengan surat pemberitahuan Nomor : 421/642/DIKBUD/VI/2022. Dimana keputusan itu diambil setelah adanya perubahan pada kalender pendidikan tahun ajaran baru.

“Memang terdapat perubahan pada kalender pendidikan tahun pelajaran 2021/2022 ke tahun ajaran baru 2022/2023,”  jelas Rita kepada Bangkapos.com, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Mobil Plat Merah Ini Sudah Lima Hari Terpakir di Jalanan, Ada Berkas Dindukcapil Bangka Tengah

Baca juga: Empat Kasus Pembunuhan Diungkap Sat Reskrim Polres Bangka, Pelaku Berhasil Dibekuk

Rita mengungkapkan, perpanjangan libur itu dikhususkan bagi satuan pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri maupun swasta.

Selain itu ada beberapa alasan lain yang dijadikan untuk memperpanjang masa libur sekolah tersebut.

Terutama, hari pertama masuk sekolah setelah libur semester berdekatan dengan Hari Raya Iduladha yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

“Jadi ada pergeseran dalam kalender pendidikan tahun ajaran kita,” terang Rita.

Di samping itu menurutnya, ada beberapa penekanan dalam surat pemberitahuan tersebut. Pertama libur semester genap tahun pelajaran 2021/2023 pada 27 Juni – 9 Juli 2022 diubah menjadi sampai 13 Juli 2022.

Kedua, awal tahun ajaran baru 2022/2023 yang semula direncanakan dimulai pada hari Senin 11 Juli, diubah menjadi Kamis 14 Juli 2022.

Ketiga, pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang semula dimulai tanggal 11-13 Juli diubah menjadi tanggal 14-16 Juli 2022.

“Jadi ada tiga hal yang kita jelaskan dalam surat edaran itu,” sebutnya.

Oleh karena itu Rita berharap, agar penambahan masa libur sekolah ini tidak memengaruhi upaya mengejar pembelajaran yang tertinggal akibat pandemi Covid-19.

Surat pemberitahuan tersebut menjadi acuan dan pengingat agar satuan pendidikan untuk segera menyiapkan program pembelajaran tahun ajaran baru.

Baca juga: Residivis Cabuli 2 Bocah di Belitung Timur,Pelaku Teman Ayah Korban, Bupati Minta Polisi Usut Tuntas

Baca juga: Hampir Satu Tahun Buron, Pelaku Penganiayaan di Desa Kurau Timur Tertangkap di Leparpongok

Terutama kepada kepala sekolah untuk menyiapkan program ditahun berikutnya. Berikut juga guru supaya menyiapkan perangkat kerja dan metode pembelajaran. 

Selain itu, para siswa dan orangtua agar bisa memiliki waktu lebih untuk mengevaluasi pembelajaran sebelumnya untuk ke jenjang yang lebih tinggi.

“Apalagi saat ini penerimaan siswa baru, dan ada perubahan dari satuan pendidikan, yang tadinya dari TK ke SD, SD ke SMP,” kata Rita.

( Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved