Breaking News:

Berita Bangka Barat

Selama PPDB dan Pilkades, Pembuatan Akta Kelahiran di Bangka Barat Meningkat 50 Persen

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Barat (Babar), menyebut pembuatan akta kelahiran baru mengalami peningkatan.

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Barat (Babar) Muhammad Kaidi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Barat (Babar), menyebut pembuatan akta kelahiran baru mengalami peningkatan.

Kenaikan pembuatan akta kelahiran itu lantaran menjelang Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB), karena satu diantara syarat untuk masuk sekolah menggunakan akta kelahiran.

Selain itu, peningkatan ini terjadi lantaran menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), bagi peserta calon kepala desa yang belum memiliki akta kelahiran.

Kepala Dukcapil Bangka Belitung Muhammad Kaidi mengatakan peningkatan pembuatan akta kelahiran terjadi beberapa bulan belakangan. Kata dia penerbitan akta kelahiran baru lebih dari hari biasanya.

"Meningkat ini karena anak-anak ingin masuk sekolah. Kemudian ditambah lagi saat ini Kabupaten Babar menggelar Pilkades. Jadi selama sebulan ini peningkatan sekitar 50 persen," kata M Kaidi kepada Bangkapos.com, di ruang kerjanya, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: PNS Selingkuh dengan Istri Orang, Digerebek Anak Selingkuhan di Hotel, Begini Nasib Jabatannya

Baca juga: DPRD Bangka Belitung Tunggu Aksi Nyata Satgas Tambang Ilegal, Jangan Hanya Gaung di Awal !

Kaidi melanjutkan, sangat mengapresiasi kepada orang tua yang sadar untuk mendaftarkan anak yang baru lahir. Sementara itu, ada juga orang tua yang baru membuat akta kelahiran ketika anaknya sudah besar.

Suasana di Loket Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Kamis (7/7/2022)
Suasana di Loket Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Kamis (7/7/2022) (Bangkapos.com/Yuranda)

Pindah Jiwa

Masyarakat yang ingin pindah jiwa dari daerah satu ke daerah lain, tak perlu repot-repot untuk kembali ke daerah asalnya.

Pasalnya, untuk pindah jiwa pemerintah sudah memfasilitasikan kemudahan masyarakat.

Kepala Dukcapil Bangka Belitung, Muhammad Kaidi menyebutkan, kalau untuk pindah jiwa masyarakat bisa langsung membawa berkasnya ke daerah ke tempat dia ingin pindah.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved