Breaking News:

Berita Bangka Barat

Cuaca Tak Menentu, Tim TRC BPBD Babar Siaga, Masyarakat Diminta Waspada  

Kini kondisi cuaca di Kabupaten Bangka Barat (Babar) tidak menentu dan berubah begitu cepat.

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
kompas.com
Ilustrasi hujan deras 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kini kondisi cuaca di Kabupaten Bangka Barat (Babar) tidak menentu dan berubah begitu cepat. Guna mengantisipasi terjadinya kejadian yang tak diinginkan terjadi seperti banjir rob di wilayah tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babar bersama instansi lain akan menyiapkan personelnya di setiap titik rawan.

"Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD serta tim gabungan selalu siap siaga memantau dan patroli ke titik atau lokasi rawan bencana," kata Kepala BPBD Babar, Achmad Nursandi, Senin (11/7/2022).

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan berbagai alat dan perlengkapan yang diperlukan saat kejadian.

Kemudian ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap situasi perubahan cuaca yang tiba-tiba ekstrem.

Sedangkan, upaya yang dilakukan untuk mencegah atau menggulangi benjir rob yang terjadi di Kampung Ulu dan Kampung Tanjung Laut, Tanjung, Muntok beberapa waktu lalu.

Pihaknya akan berupaya program jangka panjang program itu berupa berkoordinasi dengan OPD terkait, untuk pembangunan kolong retensi.

Serta meminta OPD terkait melakukan intervensi dan pengecekan dam serta aliran sungai yang mengalami pendangkalan akibat adanya proses sedimentasi.

"Kalau upaya jangka panjang untuk Kampung Ulu seperti yang saya sampaikan tadi. Dan untuk Kampung Tanjung Laut direncanakan akan  merelokasi warga," ucapnya. (Bangkapos.com/Yuranda)

 

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved