Breaking News:

Berita Bangka Barat

BPBD Bangka Barat Tetapkan Titik Rawan Bencana, Masyarakat Diimbau Tetap Waspada

Titik yang rawan bencana banjir rob yakni Kawasan Kampung Tanjung Laut, Teluk Rubiah, Kampung ulu, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Bangka Barat.

Penulis: Yuranda | Editor: Novita
Bangkapos.com/Yuranda
Kasatgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BPBD Bangka Barat Achmad Nursandi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat telah menetapkan sejumlah titik rawan bencana di wilayahnya.

Titik yang rawan bencana banjir rob yakni Kawasan Kampung Tanjung Laut, Teluk Rubiah, Kampung ulu, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Bangka Barat.

Selain itu, Desa Belo Laut, dan beberapa titik di Kecamatan Simpangteritip, terutama di Desa Mayang. Di wilayah tersebut, jembatan penghubung sering ambruk.

Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursandi, mengatakan, terhadap beberapa titik itu, sudah dilakukan semacam perencanaan guna mengantisipasi kejadian ke depannya.

Rencana itu yakni merelokasi masyarakat yang berada di Kampung Tanjung Laut. Kemudian di Kampung Ulu dengan membuat kolong retensi dan pendalaman aluran Sungai Ulu.

"Tentunya, upaya yang lain masih banyak akan kami lakukan. Salah satunya mengedukasi masyarakat agar tetap waspada saat situasi cuaca yang tidak menentu di Babar," kata Achmad Nursandi dijumpai di Rumah Dinas Bupati Bangka Barat, Selasa (12/7/2022).

Ia mengimbau kepada masyarakat, bahwa cuaca tidak menentu yang tiba-tiba ekstrem, seperti angin kencang, awan pekat (hitam), bisa berpotensi mengakibatkan terjadinya puting beliung dan petir.

"Masyarakat harus waspada. Harus aktif memantau perkiraan cuaca dari BMKG atau melihat cuaca di atas langit," ucapnya.

Diharapkan kondisi tidak mengakibatkan ada korban jiwa, karena sedikit kerepotan jika banjir melanda kawasan tersebut

"Secara historis sudah lama terjadi. Namun yang kita ketahui, dalam tiga tahun terakhir ini rutin terjadi banjir rob," sebut Achmad Nursyandi. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved