Breaking News:

Pemutihan Pajak Kendaraan di Bangka Belitung Segera Berakhir, Bebas Denda, Balik Nama dan Mutasi

Buruan bayar pajak kendaraan mu sekarang! Program pemutihan pajak yang digelar Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan segera berakhir.

Penulis: Teddy Malaka CC | Editor: Teddy Malaka
gridoto
STNK- ilustrasi pemutihan pajak kendaraan 

BANGKAPOS.COM - Buruan bayar pajak kendaraan mu sekarang! Program pemutihan pajak yang digelar Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan segera berakhir.

Program pemutihan pajak kendaraan yang dilaksanakan Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Bangka Belitung (Babel) sejak 25 April lalu, kini memasuki masa akhir 29 Juli 2022.

Program ini membebaskan denda pajak kendaraan, bea balik nama dan BBNKB mutasi. Untuk itu, masyarakat Babel diharapkan dapat memanfaatkan moment ini.

"Mumpung masih ada waktu, kami harap masyarakat dapat memanfaatkan program baik ini," ujar Kepala Bakuda Babel, M Haris kepada wartawan, Minggu (17/7) kemarin.

Haris menjelaskan, program ini berlangsung selama tiga bulan. Dalam masa pemutihan ini masyarakat yang pajak kendaraan bermotornya menunggak beberapa tahun cukup membayar pajak satu tahun dan bebas biaya denda.

Dan tahun depan, beber Haris, tidak ada lagi pemutihan. "Makanya, kepada masyarakat kami harap dapat manfaatkan kesempatan ini untuk menyelesaikan tunggakan-tunggakan kendaraannya, sebah tahun depan tak ada lagi pemutihan," kata Haris.

Lebih lanjut, ia menyampaikan progres realisasi penerimaan pajak dari program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini telah di angka 61,56 persen atau Rp139 miliar dari target Rp226 miliar. Sementara BBNKB telah melebihi target.

"Dari target Rp138 miliar, pencapaian penerimaan pajak dari BBNKB di program pemutihan ini sudah mencapai Rp151 miliar, jadi sudah melebihi target kita. Namun tetap kita kebut terus menerimaannya lewat program pemutihan ini," ungkap Haris.

Bangka Belitung termasuk dalam satu daerah yang sedang membelakukan  pemutihan pajak kendaraan.

Daerah yang masih menggelar program pemutihan pajak kendaraan tersebut yakni Bangka Belitung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah.

Program pemutihan pajak kendaraan ini sebagian berakhir pada akhir Juli 2022, ada juga yang berakhir Agustus dan September nanti.

Pemutihan pajak merupakan program pemerintah untuk meringankan beban pemilik kendaraan yang harus membayar denda karena telat atau belum membayar pajak.

Baca juga: Tak Ada Tawar Menawar, Mobil Mewah Tak Boleh Gunakan Pertalite dan Solar

Seperti diketahui, pemilik kendaraan wajib membayar pajak kendaraan tahunan maupun tiap lima tahun.

Telat membayar pajak kendaraan akan dikenakan sejumlah denda.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved