Breaking News:

Polman Negeri Babel Buka Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur

Polman Babel membuka program studi Sarjana Terapan Teknologi Rakayasan Perancangan Manufaktur di tahun 2022 ini.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: M Ismunadi
Ist.PolmanBabel
Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Negeri Babel). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dalam meningkatkan sumber daya manusia melalui pendidikan, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Negeri Babel) membuka program studi Sarjana Terapan Teknologi Rakayasan Perancangan Manufaktur di tahun 2022 ini.

Pembukaan program studi tersebut seiring telah terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia nomor 155/D/OT/2022 tentang izin pembukaan program studi teknologi rekayasa perancangan manufaktur program sarjana terapan pada Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung di Kabupaten Bangka.

Adanya program sarjana terapan (D4) terbaru ini juga akan menambahkan daftar pilihan penerimaan mahasiswa baru di tahun 2022 dari jenjang pendidikan diploma empat.

Disampaikan Irwan, M.Sc., Ph.D selaku Wakil Direktur I Bidang Akademik bahwa Prodi Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur atau disingkat TRPM merupakan prodi dari Jurusan Teknik Mesin dengan konsentrasi Plastic Injection Moulding, Press Tool, dan Jig Fixture. Lulusan prodi ini akan memperoleh gelar sarjana terapan teknik atau S.Tr.T.

Irwan mengharapkan prodi ini akan menjadikan program studi yang terakreditasi unggul tahun 2032 melalui pengembangan ilmu dan teknologi rekayasa terapan.

“Kami membuka prodi TRPM untuk menghasilkan sarjana terapan teknik yang kompeten di bidang perancangan perkakas presisi dengan menggunakan perangkat lunak virtual engineering mutakhir,“ ungkap Irwan saat pertemuan dengan ketua Prodi TRPM di ruang rapat Direktur (18/07/2022).

Selain itu, Irwan menyebutkan melalui prodi terbaru ini akan mampu menghasilkan penelitian terapan bidang rekayasa perancangan manufaktur yang bermanfaat dalam suatu jaringan kerjasama sinergi dengan industri dan masyarakat.

"Setiap lulusan Polman Babel akan dibekali kompetensi teknis (hardskill) dan kompetensi softskill, begitu juga dengan lulusan TRPM nanti akan kita bekali para lulusannya kemampuan dibidangnya,“ kata Irwan.

Seperti apa nanti kemampuan dan profil lulusan yang akan ditempati para lulusan TRPM, Irwan menambahkan bahwa lulusan Polmanbabel di prodi ini memiliki kemampuan dalam posisi perancang perkakas presisi (Tool Design Engineer), penyelia (supervisor), wirausahawan (entrepreneur) dan masih banyak lagi posisi yang dapat ditempati melalui bidang ilmu ini.

Sementara itu, ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (Polmanbabel) Somawardi, M.T menjelaskan saat ini telah dibuka penerimaan mahasiswa baru untuk program studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur melalui jalur mandiri.

“Jalur mandiri adalah jalur terakhir masuk Polmanbabel di tahun 2022, bagi yang berminat masuk prodi TRPM bisa daftar langsung di jalur mandiri,“ ujar Somawardi.

Pendaftaran jalur mandiri terakhir sampai tanggal 4 Agustus 2022 melalui pendaftaran https://pmb.polman-babel.ac.id atau informasi lebih lanjut bisa kunjungi website Polmanbabel atau berkunjung langsung ke Kampus Polmanbabel ke bagian BAAKPK.

Dosen dan sebagai Kepala BAAKPK ini juga menjelaskan program studi yang dimiliki oleh Polmanbabel saat ini ada 7 program studi diantaranya D4 Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur, D4 Teknik Mesin dan Manufaktur, D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, D4 Teknik Elektronika, D3 Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin, D3 Teknik Perancangan Mekanik, dan D3 Teknik Elektronika.

“Terkait biaya kuliah di Polmanbabel, para calon mahasiswa tidak perlu khawatir karena Polmanbabel menggunakan sistem uang kuliah tunggal atau UKT, artinya biaya berdasarkan kemampuan keuangan keluarga atau orang tua,“ ungkap Soma.

Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran dan tata cara daftar dapat menghubungi Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Manufaktur Negeri bangka Belitung di Kawasan Industri Air Kantung, Sungailiat-Bangka. (Advertorial/rilis/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved