Breaking News:

Berita Sungailiat

Desa Jurung Tampilkan Produk dari Pinang di Bangka Expo 2022, Ada Kopi hingga Piring dan Sandal

Ide Sarbini untuk mengolah buah pinang ini, karena sejak dulu secara budaya para orang tua memanfaatkan pinang untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Penulis: edwardi | Editor: Novita
Bangkapos.com/Edwardi
Stan Desa Jurung di Bangka Expo 2022, Rabu (20/7/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Desa Jurung Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, menampilkan berbagai olahan produk dari Pohon Pinang yang diproduksi Sarbini, pelaku UMKM warga Desa Jurung, dalam kegiatan Bangka Expo 2022.

"Kita memulai produksi olahan buah pinang untuk dijadikan kopi pinang, teh pinang, permen pinang, jus pinang sejak tahun 2017 lalu," kata Sarbini yang ditemui Bangkapos.com di Stan Desa Jurung, Rabu (20/7/2022).

Ide Sarbini untuk mengolah buah pinang ini, karena sejak dulu secara budaya para orang tua memanfaatkan pinang untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

"Karena itu saya mencoba mulai mengolah buah pinang dengan membeli dari masyarakat. Dulu hanya sedikit warga yang punya pohon pinang. Namun saat ini sudah banyak kita budidayakan di Kabupaten Bangka. Bahkan saat ini kita sudah memiliki komunitas petani pinang Bangka Belitung," tutur Sarbini.

Produk dari buah pinang yang diproduksi Sarbini, pelaku UMKM warga Desa Jurung,ditampilkan di stan Desa Jurung di Bangka Expo 2022, Rabu (20/7/2022).
Produk dari buah pinang yang diproduksi Sarbini, pelaku UMKM warga Desa Jurung,ditampilkan di stan Desa Jurung di Bangka Expo 2022, Rabu (20/7/2022). (Bangkapos.com/Edwardi)

Selain diolah menjadi produk makanan dan minuman untuk kesehatan tubuh, saat ini pelepah pinang juga sudah diolah menjadi piring, kotak dan sandal, yang merupakan produk ramah lingkungan untuk mengantikan bahan plastik dan styrofoam.

"Kita juga saat ini membuat kopi rempah dari buah pinang. Bahkan baru-baru ini di Bulan Mei 2022 lalu, produk kopi rempah pinang kita menjadi juara 3 nasional dalam lomba yang diselenggarakan IPB University di Bogor," kata Sarbini.

Sementara Sekdes Jurung, Husni Santoso, mengatakan, dalam kegiatan Bangka Expo 2022 ini, pihaknya masih tetap mengandalkan produk olahan pohon pinang Sarbini dan juga beberapa produk lainnya, seperti kerajinan dambus.

"Kita juga memperkenalkan kerajinan dari pelepah pinang untuk dijadikan piring, kotak, sandal dan lainnya," ucanya.

Dia berharap, ada pengusaha hotel yang tertarik bekerja sama dalam pembuatan sandal pelepah pinang.

"Sandal ini sangat cocok untuk para tamu hotel karena ramah lingkungan dan bisa dijadikan sovenir," ujarnya. ( Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved