Breaking News:

Advertorial

Rektor UBB Buka Sosialisasi dan Launching Ijazah Digital, Dr Ibrahim: Lebih Efisien dan Praktis

niversitas Bangka Belitung (UBB) terus berinovasi dan bertransformasi, mulai menerapkan kebijakan penggunaan ijazah digital,

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
istimewa
Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Dr Ibrahim saat membuka sosialisasi dan launching ijazah berbasis digital, Rabu (20/7/2022) yang digelar secara zoom meating. (Tangkapan layar) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Universitas Bangka Belitung (UBB) terus berinovasi dan bertransformasi, mulai menerapkan kebijakan penggunaan ijazah digital, bertanda tangan elektronik bersertifikat (digital signature). Itu mulai diterapkan kepada para lulusan angkatan XXV dan tahun berikutnya.

Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Dr Ibrahim membuka sosialisasi dan launching ijazah berbasis digital ini, Rabu (20/7/2022) yang digelar secara zoom meating.

Penerapan ijazah digital ini katanya, menjadi pilot projek guna mendorong kemudahan bagi pemengang ijazah serta turut bertransformasi mengikuti kecangihan teknologi.

"Kita menyambut baik launching ijazah digital ini yang memang secara perlahan telah berkembang dan pengunakan ijazah digital ini upaya menciptakan keamanan," ujar Ibrahim, Rabu (20/7/2022) melalui zoom meating.

Menurutnya, transformasi ijazah digital yang diterapkan saat ini lebih efisien dan praktis sehinga yang selama ini terjebak dalam kertas mengertas sudah tidak libatkan.

"Untuk para lulusan tahun ini memang masih mengunakan double ijazah, yakni kertas dan digital. Tetapi untuk tahun berikutnya kita hanya mengunakan ijazah digital," tambah Ibrahim.

Ia berharap, instansi atau institusi terkait bisa menyesuaikan pengunaan ijazah digital dalam kecangihan teknologi saat ini.

"Terima kasih kepada yang telah mengawal kegiatan dan pembuatan sertifikat ini. Kita berharap secara informasi, sequtity, pemalsuan dan lainnya terjamin keamannya," ujarnya.

Senior Eksekutif Vice President Peruri, Agus selaku penerbit ijazah digital mengapresiasi langkah UBB dalam transformasi yang dilakukan agar lebih efisien dan aman.

Ia mengatakan, tingkat keamanan dan kualitas ijazah digital terjamini dengan dilengkapi id penerbit serta tiga hal lainnya yang bisa dilihat langsung keaslian melalui verifikasi user, data referensi dan dua factor authentication.

"Semua dukungan ijazah digital ini dijamin regulasi oleh Kominfo dan semua pelayanan publik untuk dokumen tersertifikasi digital. Bahkan untuk pengecekan keaslian ini juga dapat dilihat dari over atau berupa warna, covert dari keaslian foto, dan forensic," kata Agus, Rabu (20/72022).

Kepala UPT, Teknologi Informasi dan Komunikaso UBB, Rion Apriadi menjelaskan untuk mengakses ijazah digital para mahasiwa telah dibekali username dan pasword masing-masing yang dapat diakses langsung fi laman yang telah tersedia.

"Jadi untuk e ijazah ini akan diletakkan melalui aplikasi pusat karir dan dalam akses dua langkah yang sudah terdaftar diakun dan untuk meningkatkan keamanan mading-masing siswa fibekali usernamd dan pasword yang mana apabila salah maka ijazah tersebut tidak dapat dibuka," ujarnya, Rabu (20/7/2022).

Dikatakan Rion, saat ini pihaknya pun terus meningkatkan tingkat keamanan akun-akun universitas yang sifatnya privasi. (Bangkapos.com/Adv/Sela Agustika)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved