Breaking News:

Syarat Terbaru Jadi PNS, Serta Kriteria ASN yang Mendapat Gaji Tambahan dari Pemerintah

Belakangan untuk menjadi seorang PNS atau ASN bisa dimulai dari latar pendidikan paling rendah minimal SMA maupun sarjana.

Editor: M Zulkodri
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY ZULHAM
Ilustrasi gaji PNS. Syarat Terbaru Jadi PNS, Serta Kriteria ASN yang Mendapat Gaji Tambahan dari Pemerintah 

BANGKAPOS.COM----Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara ( ASN) masih menjadi incaran banyak orang.

Selain memiliki gaji cukup tinggi, jaminan hari tua atau pensiuan menjadi daya tarik bagi mereka yang ingin menjadi PNS.

Belakangan untuk menjadi seorang PNS atau ASN bisa dimulai dari latar pendidikan paling rendah minimal SMA maupun sarjana.

Mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS dengan memenuhi sejumlah per syaratan.

Salah satunya, yaitu memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan per syaratan jabatan.

Ketentuan mengenai kualifikasi pendidikan PNS ini dituangkan lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan PNS.

Ketentuan kualifikasi pendidikan sesuai dengan per syaratan jabatan yang dimaksud, yakni:

Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat harus memiliki ijazah SMA /sederajat yang terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dan/atau kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keagamaan;

Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/ Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah; dan

Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Berdasarkan ketentuan kualifikasi pendidikan ini, artinya, untuk menjadi PNS, pelamar tidak harus memiliki gelar Sarjana atau lulusan Strata 1 (S1).

Pemerintah juga membuka lowongan bagi pelamar yang merupakan lulusan SMA/sederajat dan Diploma 3 (D3).

Pelamar dapat melihat pada lowongan yang tersedia apakah membuka lowongan untuk selain Sarjana atau tidak.

PNS Dapat Tambahan Gaji

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved