Breaking News:

Berita Bangka Barat

230 Calon Kades Ambil Nomor Urut, Pilkades Serentak Bangka Barat Oktober Mendatang

Sebanyak 230 calon dari 55 desa yang tersebar di enam Kecamatan akan bertarung pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Penulis: Yuranda | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Yuranda
Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Bangka Barat, Idza Fajri. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bangka Barat memasuk tahapan penetapan dan pengambilan nomor urut calon kades.

Sebanyak 230 calon dari 55 desa yang tersebar di enam Kecamatan akan bertarung pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Bangka Barat, Idza Fajri mengatakan, saat ini sudah masuk tahapan penetapan dan pengundian nomor urut calon.

"Sudah tahapan calon dan proses pengundian penetapan calon dilakukan masing-masing desa dilakukan oleh panitia pemilihan tingkat desa," kata Idza Fajri, Kamis (28/7/2022).

Sebelum penetapan dan pengambilan nomor urut, kata Idza, bakal calon kades yang lebih dari lima orang dari 13 desa sudah dilakukan seleksi tambahan beberapa waktu lalu.

"Kemarin itu bakal calon itu sekitar 261 calon. Kemudian disaring melalui seleksi tambahan menjadi sekitar 230 calon yang akan bertarung," ujar Idza.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih dan direncanakan rampung pada bulan September 2022 mendatang.

"Kalau paling dekat, pemutakhiran data pemilih atau penetapan data pemilih tiap orang berapa desa di Kabupaten Bangka Barat," ungkapnya.

Kemudian, pihaknya juga akan menghitung jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dari data pemilih itu akan ditentukan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan disiapkan.

Sementara itu, untuk data jumlah daftar pemilih tetap, Idza Fajri menyampaikan ada sekitar 90 sampai 100 ribu orang, data tersebut disesuaikan dengan data pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Kalau untuk data pemilih itu KTP desa setempat. Estimasi hampir seperti Pilkada kurang lebih ada sekitar 90 sampai 100 ribu orang," ucapnya.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved