Breaking News:

Berita Pangkalpinang

HIMATIKA UBB Gelar Bina Desa di Desa Jurung, Bantu Kembangkan Produk Unggulan

HIMATIKA UBB itu berhasil lolos dalam pendanaan Program Bina Desa Tahun 2022 yang diadakan oleh Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Tedja Pramana
Istimewa
Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Bangka Belitung (UBB) gelar bina Desa tahun 2022 di Desa Jurung, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, diselenggarakan selama kurang lebih dua bulan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Bangka Belitung (UBB) gelar bina Desa tahun 2022 di Desa Jurung, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka diselenggarakan selama kurang lebih dua bulan.

HIMATIKA UBB itu berhasil lolos dalam pendanaan Program Bina Desa Tahun 2022 yang diadakan oleh Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung.

Program Bina Desa ini mengangkat tema "Penguatan Usaha Masyarakat Melalui Peningkatan Teknologi dan Starategi Pemasaran Usaha Kembang Tahu di Desa Jurung Kabupaten Bangka" .

Program bina Desa ini merupakan bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh mahasiswa dan sekaligus merupakan implementasi dari konsep Bela Negara.

Perwakilan panitia bina Desa HIMATIKA UBB tahun 2022 di Desa Jurung, Dyna Safyiah menyebut program ini bertujuan agar dapat lebih memberikan motivasi dan menumbuhkan kepedulian mahasiswa dalam memberikan kontribusi pada pembangunan desa.

"Program Bina Desa Tahun 2022 HIMATIKA UBB yang dilaksanakan di Desa Jurung lebih berfokus kepada unit kewirausahaan masyarakat terutama kembang tahu," ujar Dyna dalam rilis kepada Bangkapos.com,

Menurutnya, produk kembang tahu sebagai ikon Desa Jurung sudah dilakukan secara turun temurun oleh warga setempat. Namun, usaha turun-temurun ini kurang diperhatikan dan diberdayakan dengan baik, seperti tidak memiliki surat izin usaha dan kemasan produk yang belum memiliki label.

"Oleh karena itu, tim bina Desa HIMATIKA UBB mengusulkan untuk membuat surat izin usaha dan pelabelan pada kemasan produk kembang tahu tersebut. Program ini juga memberi edukasi kepada masyarakat terutama pelaku produksi kembang tahu, PKK, Karang Taruna di Desa Jurung berupa seminar mengenai kemasan, product branding dan strategi pemasaran usaha kembang tahu dalam mengembangkan UMKM di Desa Jurung, Kabupaten Bangka," sebutnya.

Selain itu, kata Dyna bina desa HIMATIKA mengadakan pelatihan penggunaan media sosial instagram dan facebook sebagai media promosi dan penjualan kembang tahu secara online di rumah Pelaku produksi.

"Dengan diadakannya program yang telah berjalan selama kurang lebih dua bulan ini, tim program bina Desa HIMATIKA berharap produk kembang tahu di Desa Jurung lebih diperhatikan oleh masyarakat sehingga menjadi skala yang lebih besar dan dapat menjadi salah satu produk UMKM yang tidak hanya diminati oleh warga Desa Jurung tetapi oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia maupun mancanegara," tuturnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved