Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Homestay Dinilai Peluang Usaha Menjanjikan, Akademisi Sebut Perlu Perkuat Promosi dan Beri Pelayan

Bisnis Homestay menjadi salah satu usaha yang berpeluang menghasilkan cuan atau penghasilan bagi rumah tangga.

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Devi Valeriani 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bisnis Homestay menjadi salah satu usaha yang berpeluang menghasilkan cuan atau penghasilan bagi rumah tangga.

Ditengah maraknya geliat hotel, homestay menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa lakukan oleh siapapun dengan memanfaatkan kamar-kamar yang ada.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Devi Valeriani, menilai peluang bisnis homestay sangat menjanjikan dengan strategi-strategi yang harus disiasati seperti penetapan harga yang kompetitif tentunya harus di bawah harga kamar hotel, promosi dengan digitalisasi atau secara online, tempat yang bersih, sehat dan aman.

Tak dipungkiri banyak wisatawan ataupun orang yang melakukan perjalanan dinas mulai melirik menginap di homestay.  

"Homestay merupakan penginapan dengan fasilitas lengkap. Tidak jarang sang pemilik rumah juga menempati hunian tersebut bersama-sama para tamu. Meski dengan penataan yang sederhana, yang penting bersih, rapi dan harga terjangkau," kata Devi, Rabu (3/8/2022) kepada Bangkapos.com.

Keberadaan homestay harus bisa berinovasi seperti memberikan pelayanan prima, dan bisa juga menambah breakfast serta antar jemput ke bandara atau Pelabuhan kepada tamu.

Tidak hanya itu Penguatan promosi kepada masyarakat sangat penting, baik melalui aplikasi online yang memiliki jangkauan pasar yang sangat luas ataupun promosi lainnya.

Devi mengungkapkan, bisnis homestay adalah bisnis hospitality. Karena itu, pengalaman yang dirasakan oleh pengunjung menjadi indikator utama dari keberhasilan bisnis homestay, sehingga pelayanan terbaik, misalnya dengan bersikap ramah dan sopan terhadap para tamu sangat penting.

"Penguatan promosi sangat penting, karena sebagus apapun homestay jika tanpa promosi yang kuat dan agresif, maka orang tidak akan tahu keberadaan homestay tersebut. Kenyamanan yang dirasakan oleh pengunjung menjadi indikator utama dari keberhasilan bisnis homestay. Untuk itu bersikap ramah dan sopan terhadap para tamu sangat penting," saran Devi.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved