Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bakuda Bangka Belitung Catat 65.279 Unit Mobil di Atas 1.500 CC Terancam Tak Bisa Pakai Pertalite

Ada sekitar 65.279 unit mobil yang berkapasitas di atas 1.500 cc di Bangka Belitung yang terancam tidak bisa menggunakan pertalite.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kabid Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bakuda Bangka Belitung, Rudi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemilik mobil berkapasitas mesin di atas 1.500 cc diwacanakan akan dilarang membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi kenis pertalite.

Artinya, ada sekitar 65.279 unit mobil yang berkapasitas di atas 1.500 cc di Bangka Belitung yang terancam tidak bisa menggunakan pertalite.

Data angka mobil itu berdasarkan data di Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Bangka Belitung yang tercatat sejak Babel menjadi provinsi.

Sementara itu, data terlengkap kendaaran roda empat ini adalah dari mobil di bawah sampai dengan 1.500 cc berjumlah 80.436 unit.

Penerapan aplikasi MyPertamina akan menunjang pembatasan pembelian ini, sebab sasaran dalam penyaluran BBM subsidi akan lebih tepat.

Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bakuda Bangka Belitung, Rudi, memprediksi tak ada pengaruh terhadap realisasi penerimaan pajak daerah karena pembatasan pembelian pertalite bagi mobil jenis-jenis tersebut.

"Kalau BBM ke pajak kendaraan tidak ada (tak berdampak, red). Cuma, asumsi mungkin ke depan masyarakat bisa jadi lebih memilih kendaraan dengan cc kecil," ujar Rudi, Jumat (5/8/2022).

Dari sisi pajak, dia membeberkan bahwa semakin besar cubic centimeter (cc) mobil, akan makin besar pula Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang mesti dibayarkan.

"Kalau mobil di bawah 1500 cc, rata-rata PKB itu di bawah Rp2 juta. Kalau mobil di atas 1500 cc, rata-rata PKB di atas Rp2 juta. Tergantung juga jenis mobil. Kalau Fortuner, Pajero, PKB di atas Rp5 juta. Kalau Innova di atas Rp4 juta," lanjut Rudi.

Sementara itu, Bakuda Bangka Belitung pernah membuat kategori mobil mewah, yakni dengan harga tertentu dan kapasitas 2.000 cc.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved