Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Jaga Produktivitas Pertanian Saat Musim Kemarau, Dua Kelompok Tani di Bangka Tengah Dibangun Embung

Kelompok Tani Subur Lestari Desa Cambai Selatan dan Poktan Karya Gemilang Desa Lubuk Pabrik  di Bangka Tengah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyerahkan bantuan pupuk kepada Poktan Subur Lestari, Desa Cambai Selatan, Namang, Bangka Tengah, Jumat (5/8/2022) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kelompok Tani (Poktan) Subur Lestari Desa Cambai Selatan dan Poktan Karya Gemilang Desa Lubuk Pabrik  di Bangka Tengah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Kini, dua poktan tersebut telah memiliki embung ( kolam penampung air) yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga produktivitas pertanian ketika musim kemarau.

Dengan ukuran luas 20 meter x 16 meter, embung tersebut mampu menampung air hingga 640 m³ yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk mengairi produk pertanian hortikultura milik petani.

Dua embung tersebut pun telah diresmikan secara simbolis oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman pada Jumat (5/8/2022) sore di lahan pertanian Poktan Tani Subur Lestari, Desa Cambai Selatan, Namang.

Baca juga: BREAKING NEWS: Kantor PDAM Pangkalpinang Digeledah Tim Pidsus Kejari Pangkalpinang

Baca juga: Ini Sejumlah Objek yang Disorot Pidsus Kejari dalam Kasus Dugaan Korupsi PDAM Pangkalpinang

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin mengungkapkan, pembangunan embung tersebut merupakan bantuan langsung dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian.

"Bantuan yang diberikan adalah berupa dana yang diperuntukkan untuk membangun embung," kata Sajidin.

Menurutnya, adapun jumlah dana yang diberikan adalah senilai Rp120 juta untuk pembangunan satu embung.

Dengan begitu, total ada Rp240 juta dana yang dikeluarkan pemerintah pusat untuk membangun dua embung di dua Poktan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

"Kedepannya kami akan berusaha dan berupaya agar Poktan lainnya juga mendapatkan bantuan serupa demi kesejahteraan para petani," kata Sajidin.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyerahkan bantuan pupuk kepada Poktan Subur Lestari, Desa Cambai Selatan, Namang, Bangka Tengah, Jumat (5/8/2022)
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyerahkan bantuan pupuk kepada Poktan Subur Lestari, Desa Cambai Selatan, Namang, Bangka Tengah, Jumat (5/8/2022) (Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan embung yang telah dibangun bisa menjadi alternatif sumber air untuk mensuplai kebutuhan pengairan produk pertanian.

"Tentu ini akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan produk pertanian," kata Algafry.

Baca juga: Ini Kali Kedua Pihak PDAM Pangkalpinang Tersandung Kasus Dugaan Korupsi

Baca juga: Kantor PDAM Digeledah Tim Pidsus Kejari Pangkalpinang, Ini Pendapat Akademisi Hukum

Dia mengimbau, embung yang sudah dibangun tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan dirawat supaya perkembangan produksi hasil tani menjadi lebih bagus.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak, termasuk dari PT. Petrokimia Gresik yang telah memberikan bantuan pupuk pertanian kepada petani," ungkap Algafry.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved