Breaking News:

Berita Kriminalitas

Menambang di Perairan Mengkubung Bangka, Zanubar Diseret Ke Meja Hijau

Seyogyanya, Zanubar diadili di Pengadilan Negeri Sungailiat, mengingat locus atau tempat kejadian perkaranya masuk wilayah hukum PN Sungailiat.

Penulis: Antoni Ramli | Editor: Novita
Pixabay/Daniel_B
Ilustrasi pengadilan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Zanubar, penambang di Perairan Mengkubung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, diseret ke meja hijau.

Seyogyanya, Zanubar diadili di Pengadilan Negeri Sungailiat, mengingat locus atau tempat kejadian perkaranya masuk wilayah hukum PN Sungailiat.

Namun, sehubungan dengan penahanan terdakwa di Kota Pangkalpinang dan sebagian besar para saksi tinggal lebih dekat di Kota Pangkalpinang, maka PN Pangkalpinang yang berwenang mengadili perkara tersebut.

"Karena terdakwa ditahan di Pangkalpinang dan sebagian besar tempat kediaman saksi yang dipanggil lebih dekat pada Pengadilan Negeri Pangkalpinang, maka Pengadilan Negeri Pangkalpinang berwenang memeriksa dan mengadili Perkara ini," kata Humas Pengadilan Negeri Pangkalpinang, Wisnu Widodo, Minggu (7/8/2022)

Wisnu mengungkapkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah menerima pelimpahan berkas perkara kasus pertambangan dan minerba atas nama terdakwa Zanubar.

"Beberapa waktu lalu kami telah menerima berkas perkara pertambangan dan minerba atas bama Zanubar. Dalam waktu dekat akan memasuki agenda pembacaan dakwaan dan pemerkisaan saksi saksi," kata Wisnu.

Dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Zanubar ditangkap Mei 2022 oleh pihak kepolisian setempat di Perairan Mengkubung Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka( Bangkapos.com/Anthoni Ramli)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved