Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu Belum Cair, Pj Gubernur Bangka Belitung Minta Dindik Carikan Solusi

Pj Gubernur Babel meminta agar Dinas Pendidikan Bangka Belitung untuk mencarikan solusi dari soal pencairan beawiswa bagi mahasiswa kurang mampu ini.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaludin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, mengaku sudah menerima laporan mengenai beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu yang belum cair.

Namun dirinya belum tahu secara detil akar masalah terhambatnya pencairan dana beasiswa kurang mampu ini.

Pj Gubernur Babel meminta agar Dinas Pendidikan Bangka Belitung untuk mencarikan solusi dari masalah ini.

"Saya belum tahu detil teknisnya, tapi saya sudah sampaikan kepada kepala dinas pendidikan untuk memperhatikan, karena ada laporan," kata Ridwan, Senin (8/8/2022).

Dinas Pendidikan (Dindik) Kepulauan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menganggarkan, dana untuk beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu sebesar Rp9 miliar.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ervawi, menjelaskan penyebab beasiswa tersebut belum cair.

"Ceritanya, kita itu ada temuan dari Kemendagri, bahwa beasiswa untuk perguruan tinggi itu bukan kewenangan dinas pendidikan provinsi, kewenangan kami cuma di SMA/SMK dan SLB. Ketika dianggarkan, jadi temuan dari perencanaan di Bappeda. Kami sudah anggarkan, tapi tidak ada lagi dinas pendidikan, tapi sudah ke Biro Kesra," kata Ervawi.

Saat ini, imbuhnya, anggaran sebesar Rp9 miliar itu  sudah berada di rekening Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Babel.

"Kode rekening sudah kode rekening Biro Kesra. Untuk prosesnya juga jadi kendala di Kesra, sebab pemberian hibah itu kalau tahun ini dapat, tahun depan tidak dapat. Kalau kuliah enggak bisa begitu, tiap tahun harus dapat, itu menyalahi aturan lagi," imbuhnya.

Kedati begitu, Dinas Pendidikan Bangka Belitung siap untuk membantu dalam penyelesaian masalah ini, walaupun pencairan bukan ranah dinasnya lagi

"Jadi ini harus bersama-sama menyelesaikannya, walau bukan kami lagi, kami bantu. Kemarin kami juga sempat dipanggil anggota dewan, untuk rapat bersama. Kasihan anak-anak mau kuliah," kata Ervawi.

PTS di Belitung Resah

Diberitakan sebelumnya, beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu di Bangka Belitung belum cair.

Biasanya setiap tahun, beasiswa dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung ini sudah cair kisaran bulan April 2022 untuk semester genap.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved