Breaking News:

Bekali Mahasiswa PKL, Pengadilan Agama Muntok Memberikan Materi Hukum Acara Perdata

Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Babel

Penulis: iklan bangkapos | Editor: M Ismunadi
IAIN SAS Babel
IST 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mendapatkan materi tentang Sistem Pembuktian Perdata di Pengadilan oleh Nailasara Hasniati, S.H.I., M.S.I selaku Hakim di Pengadilan Agama Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Jumat (5/8/2022).

Nailasara Hasniati memberikan pemahaman mengenai Sistem Pembuktian Perdata di Pengadilan mulai dari pengertian pembuktian, Dasar hukum pembuktian, Beban pembuktian, dan penjelasan dari jenis-jenis alat bukti adalah upaya yang dilakukan para pihak untuk menyelesaikan persengketaan mereka atau memberikan kepastian tentang benar terjadinya peristiwa hukum tertentu, dengan menggunakan alat bukti yang ditentukan hukum, sehingga dapat menghasilkan suatu putusan.

Selanjutnya, Nailasara Hasniati Menjelaskan mengenai tujuan dari pembuktian dan siapa yang dibebankan pembuktian, beliau mengatakan “Pembuktian harus dilakukan dengan alat bukti yang sah, karena tujuannya untuk membantu memperoleh putusan, dan yang dibebankan untuk pembuktian adalah kedua pihak berperkara (penggugat dan terggugat) dimana penggugat membuktikan gugatannya dan tergugat membuktikan bantahan dari guguatan penggugat”.

Seluruh Mahasiswa PKL dari Prodi Hukum Keluarga Islam sangat antusias menerima materi tentang Pembuktian yang di sampaikan oleh Nailasara Hasniati, S.H.I, M.S.I yang saat ini beliau masih merupakan Hakim perempuan satu-satunya yang berada di Pengadilan Agama Mentok.

Di akhir materi memberikan sebuah test berupa Post Test kepada mahsiswa PKL, hal ini bertujuan untuk menguji pemahaman mahasiswa PKL mengenai materi yang telah disampaikan.

Post Test tersebut berupa pilihan ganda sebanyak sepuluh pertanyaan dan semuanya tentang pembuktian yang mana pertanyaan tersebut beliau berikan dan langsung dijawab pada hari itu juga sesudah penyampaian materi tentang Sistem Pembuktian Perdata di Peradilan Agama yang beliau sampaikan, semua Mahasiswa PKL menjawab semua pertanyaan tersebut dengan lancar karena sudah menyimak dan memahami materi tentang pembuktian yang telah beliau disampaikan tersebut. (Advertorial)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved