Breaking News:

Kepolisian

Tak Menyalakan Lampu Sepeda Motor di Siang Hari Bakal Kena Sanksi, Ini Penjelasan Polisi

aturan dan sanksi tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)

Penulis: Iwan Satriawan CC | Editor: Iwan Satriawan
Shutterstock
iIustrasi Lampu sepeda motor 

BANGKAPOS.COM-Bagi anda yang mengendarai sepeda motor tanpa menyalakan lampu pada siang hari siap-siap mendapat sanksi.

Pasalnya, aturan dan sanksi tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Sanksi bagi pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu pada siang hari ini diungkapkan Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas (Dirgakkum Korlantas) Polri Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Aan Suhanan.

"Pada Pasal 293 ayat (2) setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam pasal 107 ayat 2 dipidana dengan kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000," ujarnya, Sabtu (6/8/2022) seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia mengungkapkan, alasan perlu menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari adalah untuk melindungi pengendara dan mengikuti peraturan yang sudah ada.

"Karena secara teori kecepatan cahaya lebih cepat dari kecepatan suara, artinya cahaya lampu dari sepeda motor akan lebih cepat diterima oleh pengemudi lain, baik dari depan maupun belakang. Artinya dengan sinar atau cahaya akan cepat terlihat ada sepeda motor," kata dia.

Menurutnya, ukuran sepeda motor yang kecil terkadang tidak tampak jika tidak menggunakan lampu.

Sehingga, tujuan aturan ini lebih untuk melindungi masyarakat.

Gugatan Ditolak MK

Aturan penggunaan lampu utama sepeda motor pada siang hari di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) ini sendiri sebelumnya pernah digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved