Breaking News:

Berita Bangka Barat

14 Daerah di Kabupaten Bangka Barat Blank Spot Internet, Kominfo: Upayakan Semua Terkoneksi    

Sebanyak 14 daerah yang tersebar di beberapa kecamatan di Wilayah Kabupaten Bangka Barat (Babar) belum terkoneksi  jaringan internet alias blank spot.

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bangka Barat Arwendy. (Bangkapos.com/Yuranda) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sebanyak 14 daerah yang tersebar di beberapa kecamatan di Wilayah Kabupaten Bangka Barat (Babar) belum terkoneksi  jaringan internet alias blank spot.

Adapun 14 desa yang mengalami blank spot di antaranya Pangkalberas, Airbulin, Mislak, Limbung, Airgantang, Sinarsurya, Kayuarang, Tuik, Tanjungnier, Rajek, Rumpis, Ibul atau Belar, Sungaibuluh dan Desa Telak.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangka Barat, Arwendy, Rabu (10/8/2022) mengatakan, untuk menangani masalah tersebut, pihaknya akan memasang jaringan disejumlah titik blank spot itu sendiri.

"Jadi kita masang internet dulu, digitalisasi sampai saat ini memang bagaimana masyarakat lebih luas lagi mendapatkan jaringan teleponnya. Artinya kami akan berupaya, sekarang kerjasama dengan Telkomsel," kata Arwendy, saat dikonfirmasi, hari ini.

Melihat kondisi saat ini, kata dia, pihaknya dapat mengcover jaringan internet. Walaupun lanjutnya, belum secara keseluruhan. Untuk mengatasinya pihaknya akan berkerjasama dengan pihak penyedia internet.

"Walupun belum merata di semua desa. Tapi sudah tercover semua. Kita kerjasama dengan icon plus dan Telkom Indihome. Kalau di Kecamatan Kelapa alhamdulillah dan Jebus rata-rata sudah tercover jaringan internetnya," ujarnya.

Arwendy mengatakan, dari empat kecamatan di Kabupaten Bangka Barat telah terkoneksi dengan internet. Empat kecamatan yakni, Kecamatan Muntok, Parittiga, Jebus dan Simpangteritip.

"Iya, untuk Kecamatan Tempilang sudah terkoneksi. Ini progres kita sudah masuk jadi desa digitalisasi sudah tercakup semua di desa-desa itu untuk digitalisasi atau koneksi Internetnya. Walaupun di desa itu belum merata," kata dia.

Kendati demikian, pihaknya akan berusaha dan akan menitik pusatkan jaringan di instansi pemerintah seperti kantor desa, sekolah atau instansi pemerintah pendukung pelayanan masyarakat pada Tahun 2022.

Sedangkan untuk jaringan telekomunikasi. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sudah berkerja sama dengan Pihak Telkomsel.

Pihak Telkomsel telah memasang menara combat di Desa Kayuarang, Kecamatan Kelapa. Selanjutnya menara yang sama akan dipasang di Daerah Rejal, Desa Berang, Simpangteritip.

"Minggu kemarin Telkomsel sudah memasang menara combat di Desa Kayu Arang ini artinya desa itu memang kita sudah counter antisipasi dengan jaringan internet. Kita perkuat dengan adanya lagi menara combat yang mampu mencapai radius tiga kilometer," jelasnya.

Sementara itu, di Desa Sinarsurya Kecamatan Tempilang dan Desa Telak Kecamatan Parittiga, juga telah ada penguatan jaringan.

"Kami sudah cek ke lapangan. Di dua desa itu, bisa kita katakan sudah teratasi, karena ada jaringan penguat di desa itu," ucapnya. (Bangkapos.com/Yuranda)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved