Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tingkatkan Pengawasan Pemilu, Bawaslu Kota Pangkalpinang Awasi Verifikasi Pendaftaran Parpol

Novrian menegaskan, verifikasi yang dilakukan Bawaslu Pangkalpinang dinyatakan bebas dari unsur partai politik.

Penulis: Akhmad Rifqi Ramadhani | Editor: Novita
Ist/Dokumentasi Bawaslu Pangkalpinang
Bawaslu Kota Pangkalpinang mengadakan rapat koordinasi persiapan pengawasan pemilu. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Pengawas Pemilu Kota Pangkalpinang siap mengawal proses pendaftaran Partai Politik (Parpol) Pemilu 2024.

Diketahui, tahapan Pemilu 2024 saat ini memasuki masa pendaftaran parpol yang berlangsung pada 1-14 Agustus 2022.

Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Pangkalpinang, Novrian Saputra, menjelaskan ke depan Bawaslu mengawasi proses pendaftaran Parpol.

Proses pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024, lanjut dia, sedikit berbeda. Yakni dengan memverifikasi kebenaran daftar nama anggota parpol termasuk memastikan tidak adanya anggota Bawaslu yang tercantum namanya dalam keanggotaan Parpol melalui sistem informasi partai politik (Sipol).

"Verifikasi akan kita laksanakan untuk memastikan bahwa keanggotaan parpol itu benar adanya, tetapi saat ini menggunakan sarana Sipol. Hal yang terpenting sebelum melaksanakan verifikasi kita akan memverifikasi juga apakah nama-nama dari anggota Bawaslu Pangkalpinang terdaftar dalam Sipol," jelasnya kepada Bangkapos.com melalui WhatsApp pada Rabu (10/8/2022) sore.

Novrian menegaskan, verifikasi yang dilakukan Bawaslu Pangkalpinang dinyatakan bebas dari unsur partai politik.

"Setelah kita melakukan pengecekan keseluruhan, dari komisioner maupun anggota Bawaslu Pangkalpinang itu tidak terdaftar dalam Sipol," bebernya.

Oleh karena itu, dia mengingatkan pentingnya peran serta masyarakat untuk memeriksa nama apakah tercantum sebagai anggota parpol, mengingat data keanggotaan parpol harus valid.

"Di sini kita mengimbau masyarakat untuk mengecek apakah namanya terdaftar dalam Sipol. Artinya, apabila dia terdaftar, maka dia termasuk ke dalam anggota salah satu parpol. Ini penting untuk dilakukan, mengingat saat ini parpol akan memenuhi syaratnya untuk disertakan sebagai peserta pemilu," jelasnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui dan memastikan namanya tercantum atau tidak sebagai anggota Parpol dapat melihat melalui internet. Bawaslu Pangkalpinang siap menerima pengaduan dan memproses aduan masyarakat yang merasa dirugikan akan hal itu

Ke depan, kata dia, akan dilakukan verifikasi faktual untuk mengecek kantor pengurus Parpol apakah mempunyai kantor tetap, kemudian keterwakilan perempuan cukup mencapai 30 persen dan jumlah keanggotaannya minimal 1000 atau 1 per 1000. ( Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved