Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Dalam Waktu Lima Belas Menit Angin Puting Belitung Hantam 70 Rumah Warga Desa Ranggas

Angin puting beliung disertai hujan Desa Ranggas (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Sabtu (13/8/2022)

Penulis: Adi Saputra | Editor: nurhayati
Dok/Kades Ranggas
Kondisi rumah warga di Desa Ranggas yang terkena bencana alam puting beliung, Senin (13/8/2022) (Ist/Kepala Desa Ranggas). 

BANGKAPOS. COM, BANGKA -- Angin puting beliung disertai hujan Desa Ranggas Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Sabtu (13/8/2022) sekitar kurang lebih pukul 13.00 WIB siang.

Akibat kejadian angin puting beliung tersebut beberapa rumah warga, hancur  dihantam angin hingga atap rumah rusak. 

Kepala Desa Ranggas Salam kepada Bangkapos.com membenarkan, telah terjadi bencana alam di Desanya, Sabtu (13/8/2022).

"Ya benar pak tadi siang kejadian angin puting beliung sekitar pukul 13.00 WIB lebih, saat itu angin kencang disertai hujan deras yang melanda Desa kami," kata Salam kepada Bangkapos.com melalui sambungan telepon.

"Kurang lebih 15 menit angin puting beliung terjadi, anginnya kencang sekali jadi warga kami panik dan keluar rumah. Melihat kondisi rumah ada sebagian atapnya melayang-melayang, terjatuh ketanah karena dihantam angin," ungkapnya. 

Salam menyebutkan akibat bencana alam angin puting beliung tersebut rumah warga hancur dan mengalami kerusakan.

"Alhamdulillah untuk korban jiwa tidak ada, namun ada sekitar 70 rumah warga kami yang mengalami kerusakan. Terutama bagian atap rumah yang hancur, ada juga rumah warga yang tertimpa pohon tumbang akibat angin puting beliung," sebut Salam.

Selanjutnya pihak desa bersama dengan pemerintah daerah memberikan bantuan, kepada masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan.

"Tadi ada bantuan dari Dinsos Bangka Selatan yang datang memberikan bantuan, ini kami masih merekap dan mendata jumlah rumah warga yang rusak akibat kejadian siang tadi," ungkapnya.

Atas kejadian angin puting beliung tersebut rumah warga mengalami kerusakan, serta mengalami kerugian secara materil.

Sementara kejadian angin puting beliung di Desa Ranggas, Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, bersamaan dengan kejadian yang menimpa warga Pelang Kabupaten Bangka Tengah.

(Bangkapos.com/Adi Saputra).

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved