Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Hujan dan Angin Kencang Hantam Bangka Tengah, Sejumlah Rumah Warga di Beberapa Desa Rusak

Hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi hampir di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: nurhayati
Dok/Roni
Atap kerangka baja ringan rumah warga di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah yang terlepas akibat diterjang angin kencang, Sabtu (13/8/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi hampir di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (13/8/2022). 

Akibatnya, peristiwa ini membuat sejumlah rumah warga dibeberapa desa menjadi rusak dihantam angin kencang dan membuat asbes, seng dan genteng rumah berterbangan tersapu angin.

Bahkan ada satu rumah di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar yang atap kerangka baja ringan rumahnya sampai terlepas.

Menurut Roni (38), warga Desa Perlang, hujan kencang mulai mengguyur Desa Perlang sejak pukul 13.30 WIB yang dibarengi dengan angin kencang serta petir.

"Karena kejadian itu, banyak warga yang panik dan menyelamatkan diri," ucap Roni.

Baca juga: Atap Baja Ringan Rumahnya Berbunyi Gemerincing, Warga Desa Penyak Ini Kaget Ada Hujan Es

Baca juga: Fenomena Hujan Es di Bangka Tengah, Helda Terkejut Baru Kali Ini Dalam Hidupnya Lihat Hujan Es

Ia mengatakan, setidaknya ada sekitar tujuh rumah warga Desa Perlang yang diketahui rusak akibat terdampak dari peristiwa angin kencang tersebut.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Bangka Tengah, Yudi Sabhara mengatakan, selain di Desa Perlang, ada beberapa rumah warga di desa lainnya yang juga terdampak angin kencang.

"Dari pendataan sementara kami, ada 7 rumah di Desa Perlang, 3 rumah di Desa Trubus, 2 rumah di Dusun Aik Risi Kelurahan Padang Mulia dan 2 rumah di Desa Penyak yang rusak," ungkap Yudi.

Rumah warga yang di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah yang kondisi atap seng-nya rusak akibat diterjang angin kencang, Sabtu (13/8/2022).
Rumah warga yang di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah yang kondisi atap seng-nya rusak akibat diterjang angin kencang, Sabtu (13/8/2022). (Dok/Roni)

Dengan begitu, dari data sementara yang dihimpun BPBD Bangka Tengah, setidaknya ada sebanyak 14 rumah warga yang rusak akibat dihantam angin kencang siang tadi.

Merespon kejadian itu, Yudi mengaku bahwa pihaknya telah turun ke lapangan untuk melakukan tindakan cepat salah satunya adalah dengan memberi bantuan terpal untuk dijadikan penutup sementara atap rumah-rumah warga yang rusak tersebut.

"Kemudian, kami bersama dinsos juga sudah mendata apa-apa saja yang akan dibutuhkan kedepannya untuk membantu warga terdampak," kata Yudi.

Baca juga: Kesan Dokter Spesialis Jantung, Bayaran dan Kebahagiaan Terbesar Saat Pasien Mengucapkan Terimakasih

Beruntungnya, peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.

Sekedar informasi, sejak siang hingga menjelang waktu magrib, sebagian besar wilayah di Bangka Tengah diselimuti hujan deras dan angin kencang. Misalanya seperti di Kecamatan Lubuk Besar, Kecamatan Koba, Kecamatan Namang, Kecamatan Simpangkatis dan Kecamatan Sungaiselan.

"Kalau Kecamatan Pangkalanbaru nampaknya tadi aman-aman saja dan tidak ada laporan juga," ungkap Yudi.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved