Breaking News:

Info Beasiswa

Pemkab Belitung Siapkan Beasiswa Parsial Total Rp450 Juta Untuk Mahasiswa DIII dan S1, Ini Syaratnya

Pemkab Belitung Siapkan Beasiswa Parsial Total Rp450 Juta Untuk Mahasiswa DIII dan S1, Ini Syaratnya

Penulis: M Zulkodri CC | Editor: M Zulkodri
Pos Belitung/Disa Aryandi
Sekda Belitung Hendra Caya. 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG-- Kabar gembira bagi mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta pada program DIII maupun S1.

Pasalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Belitung pada tahun 2022 kembali memberikan beasiswa parsial  untuk 45 orang mahasiswa senilai Rp 10 juta per orang yang sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya kepada Pos Belitung.co.id mengatakan mahasiswa yang mendaftar beasiswa parsial ini harus memenuhi persyaratan administratif yang paling lama dikumpulkan 15 Oktober 2022 mendatang.

Beasiswa ini diprioritaskan kepada mahasiswa asal Belitung yang kuliah pada jurusan pendidikan dan kesehatan.

Hal ini untuk mendukung sekaligus memtivasi mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan dan diharapkan kedepannya dapat mengisi formasi dua jurusan tersebut di pemerintahan kedepannya.

"Berdasarkan pengumuman nomor 422.5/805/BEASISWA/II/2022, penerima beasiswa merupakan warga Belitung yang terdaftar di kartu keluarga yang memiliki NIK yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung.

Syarat tersebut dibuktikan dengan melampirkan fotokopi KTP mahasiswa, KTP orang tua, dan kartu keluarga yang telah dilegalisir," ucapnya.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi lainnya yakni : 

  • Bagi mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi dengan akreditasi A, harus memiliki IPK minimal 3,5
  • Mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi dengan akreditasi B harus memiliki IPK minimal 3,6 hingga 3,9 
  • Hasil IPK dibuktikan melalui fotokopi IPK dan transkrip nilai per semester dari semester satu sampai semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang sudah dilegalisir perguruan tinggi masing-masing.
  • Melampirkan fotokopi akreditasi jurusan dan perguruan tinggi dari BAN-PT
  • Melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi yang menyatakan mahasiswa yang dimaksud aktif berkuliah dan tidak menerima beasiswa atau bantuan pendidikan dari pihak manapun.
  • Mengajukan surat permohonan bantuan beasiswa ditujukan ke Bupati Belitung 
  • Melampirkan buku rekening mahasiswa dan akrtu mahasiswa
  • Memiliki surat keterangan bebas dari narkotika dan/atau zat adiktif lainnya dari lembaga yang berwenang setelah dinyatakan menjadi penerima beasiswa paling lambat 22 Oktober 2022 mendatang.

Selanjutnya mengenai informasi lebih lanjut terkait beasiswa parsial Pemkab Belitung dapat menghubungi Bagian Kesra Setda Belitung Alimuddin 081949208917 selama hari dan jam kerja.

Tips Mendapatkan Beasiswa 

Ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tetapi terkendala biaya.

Jangan khawatir program beasiswa saat ini sangat banyak sekali baik dari pemerintah, institusi, lembaga, yayasan, bahkan perguruan tinggi sendiri.

Demi mendapatkan beasiswa seharusnya kita harus rajin mencari informasi dan memahami jenis-jenis atau sumber pembiayaan beasiswa yang mau kita ambil

Berikut bangkapos.com rangkum dari berbagai sumber lima jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaannya : 

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved