Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Tingkatkan Kemampuan Siswa dan Guru, SMKN 1 Simpangteritip Jalin MOU dengan PT DOK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simpangteritip, menjalin kerjasama dengan PT DOK dan Perkapalan Air Kantong

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Dok/SMKN 1 Simpangteritip
Kepala SMKN 1 Simpangteritip menandatangani kerjasama dengan PT DOK dan Perkapalan Air Kantong, Kabupaten Bangka, di Halaman Sekolah Senin (15/8/2022) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Simpangteritip, menjalin kerjasama dengan PT DOK dan Perkapalan Air Kantung, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kompetensi siswa dan guru di sekolah tersebut.

Menandatangani nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur PT DOK dan Perkapalan, Achmad Dani Virsal dan Kepala Sekolah  SMKN 1 Simpangteritip Hasdiah, di Halaman Sekolah usai rangkaian kegiatan, Senin (15/8/2022) kemarin.

Hasdiah mengatakan perjanjian kerjasama dengan PT Dok dan Perkapalan bertujuan agar siswa SMK Negeri 1 Simpang Teritip mempunyai kompetensi yang sama dengan standar industri.

"Sesuai instruksi dari Ditjen Pendidikan Vokasi, guna memadukan sekolah dengan industri yang sesuai dengan kompetensi keahlian, untuk berkerjasama. Intinya supaya siswa dan guru kita, mempunyai kompetensi yang sama dengan standar industri," kata Hasdiah, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Pidato Kenegaraan 2022, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Bangka Belitung, Ini Sejarah Baju Paksian

Baca juga: Melati Erzaldi Berbunga-bunga Saksikan Presiden Jokowi Kenakan Paksian Pakaian Adat Bangka Belitung

Baca juga: Tim Gabungan Terus Lakukan Pencarian Nahkoda Kapal TB Chia 01 yang Hilang di Perairan Pulau Lepar

Menurutnya,  jika memiliki standar yang sama dengan industri berarti kemampuan siswa sudah setara dengan industri tersebut.

"Untuk kerja lapangan PT DOK bisa mengajar di sini, dan guru akan magang ke PT DOK. Kurikulum sekolah akan kita padukan seperti keinginan industri dan dunia kerja," ungkapnya.

Kepala SMKN 1 Simpangteritip menandatangani kerjasama dengan PT DOK dan Perkapalan Air Kantong, Kabupaten Bangka, di Halaman Sekolah Senin (15/8/2022)
Kepala SMKN 1 Simpangteritip menandatangani kerjasama dengan PT DOK dan Perkapalan Air Kantong, Kabupaten Bangka, di Halaman Sekolah Senin (15/8/2022) (Dok/SMKN 1 Simpangteritip)

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wilayah IV Kabupaten Bangka Barat Sudarni mengapresiasi kerjasama SMK Negeri 1 Simpangteritip dengan PT DOK dan Perkapalan.

"Kami mengapresiasi inisiasi sekolah yang telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Kerjasama sangat positif, karena akan memadukan antara induka (industri dunia kerja) dengan pendidikan," kata Sudarni.

Melalui kerjasama ini, siswa di samping mendapatkan kompetensi yang memang kurikulum juga akan mendapatkan ilmu praktis di lapangan, industri dan dunia kerja.

"Termasuk di dalamnya industri serta BUMN. Semuanya menjadi komponen yang penting untuk mewujudkan partisipasi demi kontribusi terbaik kepada kemajuan pendidikan," ungkapnya.

Baca juga: Begini Solusi yang Ditawarkan DPRD Bangka Belitung untuk Penyelesaian Beasiswa Tak Kunjung Cair

Direktur PT DOK dan Perkapalan Ahmad Dani Virsal menyampaikan pihaknya akan mendukung  kurikulum yang ada di SMK Negeri 1 Simpangteritip dalam meningkatkan kompetensi siswa dan guru.

"Kami akan memfasilitasi membantu meningkatkan kompetensi SMK Simpangteritip, baik itu siswa dan dewan guru. Guna mewujudkan generasi yang lebih baik serta anak didik kita lebih mandiri, dapat bersaing, baik ditingkat regional maupun nasional," kata Achmad Dani Virsal.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved