Breaking News:

Sambut HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, PLN Babel Jalankan Program Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis.

Di Provinsi Bangka Belitung sendiri, tercatat sebanyak 1.120 rumah tangga tidak mampu yang akan diberikan bantuan.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Novita
IST/Dokumentasi PLN
Ilustrasi program bantuan listrik gratis dari pemerintah. 

 

BANGKA - PLN menargetkan sambung listrik gratis 1.120 sambungan di Provinsi Bangka Belitung untuk menjalankan program bantuan listrik gratis dari pemerintah,

Bantuan yang bertajuk Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ini, rencananya diperuntukkan bagi rumah tangga tidak mampu, terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T dan atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepala desa/lurah atau pejabat yang setara.

Istimewa
Ilustrasi program bantuan listrik gratis dari pemerintah. (IST/Dokumentasi PLN)

"Program BPBL bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta memenuhi kebutuhan energi listrik yang belum merata, khususnya bagi rumah tangga tidak mampu yang belum tersambung dengan listrik PLN," terang General Manager PLN Unit Wilayah Bangka Belitung,  Amris Adnan.

Kegiatan yang berlandaskan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu ini, akan menyasar sebanyak 80.000 rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia.

Di Provinsi Bangka Belitung sendiri, tercatat sebanyak 1.120 rumah tangga tidak mampu yang akan diberikan bantuan.

"Sebanyak 1.120 keluarga pra sejahtera yang tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Belitung dan Kabupaten BelitungTimur. Bantuan ini secara bertahap akan terus kami garap sehingga 1.120 keluarga tidak mampu dengan menggunakan alokasi APBN dan menikmati pemasangan listrik gratis pada program BPBL ini," tambah Amris.

Adapun skema yang akan dijalankan dalam program ini, yakni pemerintah akan membantu pembiayaan pemasangan instalasi listrik rumah, biaya Sertifikasi Laik Operasi (SLO), hingga Biaya Penyambungan Baru (BP) serta pengisian token listrik perdana .

"Kami berharap dengan meratanya listrik bagi seluruh masyarakat tidak mampu, khususnya di Provinsi Bangka Belitung, akan meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian, terlebih momentum hari kemerdekaan ibarat kata saat ini mereka telah terbebas dari kegelapan," kata Amris.

Satu di antara penerima bantuan, Tini, warga Jalan Lama RT 3 Kurau, Bangka Tengah, mengungkapkan kegembiraan yang luar biasa telah menerima bantuan pada momen malam HUT RI ke 77 pada Selasa (16/8/2022).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved