Breaking News:

Berita Bangka Barat

Daftar Pemilih Tetap di Pilkades Serentak 2022 Didominasi Usia 30-40 Tahun, Masa Kampanye Tiga Hari

Pemilihan Kepala Desa diikuti 55 desa di Kabupaten Bangka Barat, memasuki tahapan penyusunan dan penetapan daftar pemilih/

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Bangka Barat, Idza Fajri 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang diikuti 55 desa di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memasuki tahapan penyusunan dan penetapan daftar pemilih. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Bangka Barat, Idza Fajri, kepada Bangkapos.com, Kamis (18/8/2022). 

Menurutnya, saat ini sudah masuk perbaikan daftar pemilih sementara dan menunggu pengumuman hasil daftar pemilih sementara pada pada 23-31 Agustus 2022. 

Baca juga: Pj Gubernur Babel Mengaku Tak Baper, Boleh Dikritik Asal Tujuannya Positif

Baca juga: Pj Gubernur Babel dan Forkopimda Terima Apresiasi Uang Rupiah Baru Sesuai Seri Tahun Kelahiran

Sedangkan untuk tahapan selanjutnya, penetapan dan pengumuman daftar pilihan tetap awal September mendatang.

"Tahapan daftar pemilih sementara. Ini perbaikannya untuk bisa ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT). Kalau estimasi diangkat pemilih diangka 100 ribu orang. Untuk pastinya menunggu keputusan penetapan DPT," jelas  Idza Fajri. 

Ia menilai, paling mendominasi DPT di Kabupaten Bangka Barat pemilih lama, yang usianya 30 sampai 40 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan pemilih baru juga banyak. 

"Paling banyak umur 30 sampai 40 tahun. Karena pakai data pemilu kemarin. Tidak menutup kemungkinan mata pilih bertambah, untuk mata pilih baru. Tetap nambah yang milenial tapi dari segi jumlah umur 30 sampai 40 mendominasi," ungkapnya. 

Untuk itu pihaknya masih menunggu penetapan DPT, untuk saat ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi baik kepada calon kades, panitia pemilihan tingkat desa (PPTD) terkait mata pilih. 

"Kami sosialisasi terkait apa saja yang masuk kedalam mata pilih. Apakah surat keterangan domisili berlaku apa tidak. Untuk para pemilih itu yang masuk DPT bisa milih, yang tidak masuk tidak bisa memilih," ujarnya. 

Baca juga: Nekat Selfi di Atas Sampan Enam Remaja di Belitung Timur Tenggelam, Satu Korban Tewas

Baca juga: Cari Bakso Terdekat di Pangkalpinang yang Enak? Cicipi Bakso Cak Ferry, Ada Promo HUT RI & Iduladha

Ia mengungkapkan untuk masa kampanye para calon kades masih lama. Sedangkan masa waktu kampanye pun mendapat perbaikan. 

"Sebelum pada 18-22 September dan diubah menjadi 20-22 September 2022 mendatang. Untuk waktu kampanye diberi waktu tiga hari," ucapnya. 

(Bangkapos.com/Yuranda) 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved