Breaking News:

Berita Bangka

Bupati Bangka Pimpin Gotong Royong, Bersihkan Semak Belukar Ruko di Jalan Jenderal Sudirman

Kegiatan Jumat Bersih kali ini membersihkan halaman salah satu gedung ruko yang dipenuhi semak belukar di Jalan Jenderal Sudirman Sungailiat.

Penulis: edwardi | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/edwardi
Kegiatan gotong-royong Jumat Bersih dengan membersihkan halaman salah satu gedung ruko yang dipenuhi semak belukar di Jalan Jenderal Sudirman Sungailiat, Jumat (19/8/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka, Mulkan bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka, Meina Lina memimpin kegiatan gotong-royong Jumat Bersih, Jumat (19/8/2022).

Kegiatan Jumat Bersih kali ini membersihkan halaman salah satu gedung ruko yang dipenuhi semak belukar di Jalan Jenderal Sudirman Sungailiat.

Kegiatan ini juga diikuti Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bangka, Ismir dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, Kecamatan Sungailiat dan para pegawai lainnya yang diturunkan untuk membersihkan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Sungailiat yang merupakan rute pawai dan karnaval.

"Iya kita lihat selama ini gedung ruko ini sejak berdiri hingga saat ini belum pernah digunakan, tidak tau siapa pemiliknya sehingga dipenuhi semak belukar apalagi berada di Jalan Jenderal Sudirman sehingga tidak enak dipandang mata," kata Bupati Bangka, Mulkan.

Dikatakannya, program Jumat Bersih ini merupakan program rutin Pemkab Bangka yang dilakukan setiap hari Jumat selesai olahraga bersama senam kesegaran jasmani.

"Kita lihat kesadaran masyarakat saat ini belum tergugah semuanya untuk masalah kebersihan dan pembuangan sampah. Kita lihat masih banyak yang buang sampah sembarang di trotoar jalan," ujar Mulkan.

Ditambahkannya, kegiatan Jumat Bersih ini juga sebagai salah satu persiapan untuk penilaian Piala Adipura Tahun 2022 ini.

"Kebersihan ini sangatlah penting bagi kita semua, lingkungan yang bersih bisa membantu menghindari sarang jentik-jentik nyamuk yang bisa menularkan penyakit," imbuh Mulkan.

Di samping itu juga ingin menggugah kesadaran masyarakat untuk sama-sama saling peduli dan menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

"Karena kebersihan itu kan kita pahami sebagai bagian dari iman," ujar Mulkan.

Sementara itu Kepala DLH Kabupaten Bangka, Meina Lina mengatakan persoalan tumpukan sampah yang terjadi, karena masih banyak masyarakat yang membuang sampah dengan asal lempar saja dari kendaraan.

"Walaupun sudah disediakan kotak sampah, namun masyarakat masih tetap saja membuang di luar kotak yang sudah disediakan," katanya.

Dilanjutkannya, untuk beberapa kotak sampah yang sudah rusak atau roboh nanti akan diajukan kebagian aset untuk dihapuskan dan selanjutnya diusulkan untuk pembuatan yang baru.

"Kita harapkan masyarakat tumbuh kesadaran dan kepedulian untuk bersama-sama mengatasi persoalan sampah ini, juga kepada para pelaku usaha, pemilik toko dan lainya, mereka punya usaha di Jalan Jalur 2 tapi buang sampahnya di Pasar Inpres, hal ini merupakan bentuk tidak bertanggung jawab," imbuhnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved