Breaking News:

Berita Bangka Barat

Dinas Sosial Bangka Barat Sisakan Dana Rp44 Juta, Bantu Masyarakat Terdampak Bencana Alam

Kata Saiful, dana darurat tersebut diperuntukkan bagi warga yang terkena musibah bencana alam, seperti banjir rob, puting beliung dan bencana sosial.

Penulis: Yuranda | Editor: Novita
Bangkapos.com/Yuranda
Kabid Linjamdayasos Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Barat, Saiful Fahmi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Barat masih menyisakan dana darurat sekitar Rp44 juta.

Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bangka Barat ini sebelumnya sebesar Rp68 juta, yang digunakan untuk keperluan masyarakat terdampak bencana.

"Belanja bantuan sosial barang yang direncakan kepada korban bencana tahun 2022, sebesar Rp68 juta, sampai bulan Juli tersisa sekitar Rp44 juta," kata Kepala Bidang (Kabid) Linjamdayasos Dinsos dan PMD, Saiful Fahmi, Minggu (21/8/2022).

Kata dia, dana darurat tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang terkena musibah bencana alam, seperti banjir rob, puting beliung dan bencana sosial.

"Jadi yang kami bantu ini bencana alam maupun bencana sosial, antara lain puting beliung, yang berapa bulan terjadi, banyak rumah terdampak di Desa Sinarsari, Kecamatan Kelapa. Kemudian dampak banjir rob di Kelurahan Tanjung dan beberapa rumah akibat kebakaran," jelasnya.

Menurutnya, paling besar pengeluaran dana darurat sepanjang tahun 2022 pada April sebesar Rp20 juta. Pasalnya, pada bulan tersebut terjadi bencana puting beliung di Desa Sinarsari dan terdapat banyak rumah yang rusak akibat kejadian tersebut.

"Paling besar pengeluarannya pada bulan empat, karena bencana alam puting beliung di Desa Sinarsari banyak rumah yang terdampak," imbuhnya.

Selain menggunakan dana bantuan darurat, pihaknya juga menyalurkan bantuan bersumber dari APBN Kementerian Sosial (Kemensos) berupa kebutuhan dasar, termasuk makanan siap saji.

"Dari perusahaan juga ada tetapi disalurkan langsung, seperti PT Timah. ada juga bantuan di Kelurahan Tanjung yang disalurkan langsung pihak PT Timah atau sifatnya dapur umum mereka langsung terdampak," ucapnya. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved