Breaking News:

Cuaca Hari Ini

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Buruk di Bangka, Curah Hujan Tinggi

BMKG memprediksi 5 daerah di Pulau Bangka bakal diguyur hujan sedang hingga lebat.

Editor: fitriadi
Bangkapos.com/Yuranda
Hujan mengguyur Kota Pangkalpinang, Jumat (26/3/2021). BMKG memprediksi 5 daerah di Pulau Bangka bakal diguyur hujan sedang hingga lebat pada hari ini, Rabu 24 Agustus 2022. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Prakiraan cuaca hari ini Rabu 24 Agustus 2022 di Pulau Bangka masih berpotensi ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi 5 daerah di Pulau Bangka bakal diguyur hujan sedang hingga lebat.

Lima daerah tersebut antara lain Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan.

Tidak hanya hujan, angin kencang pun diperkirakan akan terjadi di daerah tersebut.

Curah Hujan di Babel Tinggi 2 Pekan

Beberapa hari terakhir intensitas hujan di Bangka Belitung cukup tinggi. Hujan dengan intensitas sedang kerap mengguyur ketika malam hari bahkan pagi hari.

Bahkan hujan dengan intensitas sedang menyebabkan pawai baris-berbaris dan pawai karnaval yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung pun harus menunggu hujan reda.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji menyebut intensitas hujan diperkirakan terus terjadi hingga dua minggu ke depan.

Padahal kata Kurniaji, secara umum musim kemarau sudah terjadi sejak 1 Juli lalu, dan diperkirakan akan berakhir hingga bulan Oktober nanti.

"Saat ini cuaca Babel dipengaruhi beberapa faktor antara lain, Dipole Mode Index (DMI) negatif -1.15, kemudian belokan angin dan konvergensi, dan ketiga gelombang ekuatorial rossby. Ketiga fenomena ini menyebabkan wilayah Babel masih akan banyak hujan hingga 1-2 minggu ke depan," kata Kurniaji kepada Bangkapos.com, Senin (22/8/2022).

Kata Kurniaji, kemarau tahun ini diprediksi masih dalam kategori normal-normal saja.

"Belum ada indikasi akan adanya perpanjangan musim kemarau sperti yang kita alami di tahun 2019 lalu. Musim kemarau yang terjadi bukan berarti menandakan tidak akan turun hujan, hujan akan tetap terjadi dengan intensitas ringan," tuturnya.

"Karena Babel bentuknya kepulauan maka potensi hujan akan selalu ada walaupun intensitas dan jumlah harinya memang menurun drastis dibandingkan musim penghujan," tambahnya.

Berikut prakiraan cuaca Bangka Belitung hari ini selengkapnya yang dilansir Bangkapos.com dari laman resmi bmkg.go.id:

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved