Breaking News:

Berita Sungailiat

Bank Sumsel Babel Sosialisasi ETPD dan Serahkan 30 Tapping Box ke Pemkab Bangka

Penyerahan secara simbolis dilakukan Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel, Mustaqiem, kepada Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto.

Penulis: edwardi | Editor: Novita
Bangkapos.com/Edwardi
Manajemen Bank Sumsel Babel menyerahkan tapping box dan UPS kepada perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Bangka di rumah dinas Bupati Bangka, Kamis (25/8/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bank Sumsel Babel mengadakan sosialisasi implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan penyerahan tapping box dan UPS kepada perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangka di rumah dinas Bupati Bangka, Kamis (25/8/2022).

Penyerahan secara simbolis dilakukan Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel, Mustaqiem, kepada Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto.

Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel, Mustaqiem, mengemukakan, pertemuan ini dalam rangka optimasi kerja sama antara Bank Sumsel Babel dengan Pemkab Bangka.

"Nanti tim dari kantor pusat Bank Sumsel Babel akan mengisi materinya, bagaimana status Kabupaten Bangka ini dalam proses implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah," kata Mustaqiem.

Berdasarkan Info yang didapatnya, progres ETPD di Kabupaten Bangka sudah bagus dalam penerapan pelayanan digitalnya.

"Alhamdulillah ini merupakan kemajuan yang luar biasa dibandingkan daerah lain yang statusnya masih berkembang atau belum digital," ujar Mustaqiem.

Mengenai kerja sama Bank Sumsel Babel dengan Pemkab Bangka ini, lanjut dia, sebenarnya banyak sekali yang sudah terjalin dalam pengelolaan keuangan daerah, seperti kas daerah, penerimaan setoran pajak, retribusi, yang berjalan lancar.

"Kerja sama lainnya juga berjalan dengan baik, misalnya dalam bidang CSR, pengadaan tapping box, dan ke depan masih terus kita tingkatkan supaya lebih baik lagi," imbuhnya.

Selain itu, ada juga dalam bidang pemberdayaan ekonomi daerah, pemberdayaan UMKM akan terus didukung untuk Pemkab Bangka.

"Kita juga akan melaksanakan penambahan bantuan tapping box sekitar 30 unit, sesuai permintaan sebelumnya dan juga UPS. Semoga hal ini akan terealisasi dalam waktu cepat karena sudah disetujui manajemen," kata Mustaqiem.

Dia meyakini, bantuan ini akan sangat memberikan manfaat bagi Pemkab Bangka, terutama dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, Bupati Bangka diwakili Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto mengatakan Kabupaten Bangka, saat ini akan lebih maju dibandingkan daerah lain yang ada di Bangka Belitung, bahkan Indonesia.

"Terakhir, prestasi yang diraih Kabupaten Bangka, dinilai pemerintah pusat sebagai kabupaten dengan pembangunan daerah terbaik di Indonesia. Mengapa menjadi terbaik, antara lain berkat kerjasama dengan Bank Sumsel Babel," kata Pan Budi Marwoto.

Karena itu dipandang perlu untuk terus meningkatkan kolaborasi dan kerja sama saling menguntungkan, sehingga bisa saling memahami.

"Kami punya keperluan dan Bank Sumsel Babel punya kepentingan, sehingga dicari titik temu dan jalan tengahnya," ujar Pan Budi.

Saat ini dunia sudah berkembang pesat, sehingga Pemkab Bangka juga harus segera melakukan adaptasi.

"Salah satunya dalam bidang perbankan, sehingga Pemkab Bangka juga harus mengikuti digitalisasi perbankan ini yang disebut Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD)," tambahnya.

APBD Kabupaten Bangka, lanjutnya, saat ini juga sudah berbasis Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), baik pendapatan, belanja dan lainnya.

"Karena itu kita melakukan kerja sama dengan Bank Sumsel Babel yang sudah hadir untuk lebih memperkenalkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), karena hal ini penting sebab saat ini eranya sudah seperti itu. Bank Indonesia saat ini sudah mengharuskan bertransaksi digital dan transaksi tunai saat ini sudah mulai ditinggalkan," kata Pan Budi. ( Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved