Breaking News:

Berita Bangka Barat

Desa Sekarbiru Masuk Lima Besar Lomba Inovasi Desa, Melaju ke Tingkat Nasional Papar Desa Digital  

Desa Sekarbiru Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat (Babar) menjadi satu di antara sejumlah desa yang mewakili Provinsi Bangka Belitung

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
istimewa
Kegiatan Desa Digital, Desa Sekarbiru Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Beberapa waktu lalu. (Dokumen Dinas Kominfo Babar) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Desa Sekarbiru Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat (Babar) menjadi satu di antara sejumlah desa yang mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di tingkat regional satu, Sumatera. Desa ini masuk kategori lima besar terbaik berkat inovasi desa digital terintegrasi.

Setelah meraih juara satu tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi yang dilombakan, Perakilan Desa Sekarbiru ditunjuk untuk melaju tingkat nasional.

Hal tersebut juga tertuang pada berita acara Nomor: 414.4/1984/V tentang hasil pleno penilaian, administrasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2022.

Pada berita acara itu diumumkan desa dan kelurahan yang dinyatakan berhak mengikuti tahapan pemaparan tersebut.

Pada tingkat regional satu, Desa Sekarbiru, tergabung dengan Desa Gampong Pasie Merapat, Kluet Selatan, Aceh Selatan, Aceh, Desa Kubang Tangah, Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Desa Purwodadi, Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung, Jabung Barat Jambi, Desa Kampung Bandar Agung, Terusan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

Mendengar hal tersebut, Bupati Bangka Barat, Sukirman merasa bangga pada inovasi Desa Sekarbiru, yang melaju ke tingkat nasional untuk memaparkan inovasi desa digital terintegrasi.

"Bangga, salah satu desa dari Kabupaten Bangka Barat bisa mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memaparkan inovasi desa di tingkat nasional. Mereka terpilih masuk lima besar sesuai dengan pengumuman yang disampaikan," kata Sukirman, Kamis (25/8/2022).

Kepala Desa Sekarbiru, Erwin mengatakan inovasi desa yang nantinya akan dipaparkan di sana, inovasi desa digital dengan berbagai integritas semua pelayanan di desa.

"Inovasi desa yang dijual di sana nantinya, inovasi desa digital yang integritas pelayanan termasuk pengaduan masyarakat, pelayanan, dan absensi terhubung ke Website Pemerintah Desa selain itu peta desa digital juga tersedia di sana," kata Erwin, Kamis (25/8/2022).

Kata dia, Ide inovasi ini berangkat dari visi misinya pada saat pencalonan kades tahun kemarin. Pasalnya, dirinya melihat ada sumber daya manusia sekaligus putra desa yang bisa di manfaatkan untuk kemajuan desanya.

"Selain itu, inovasi di bidang pertanian dan sudah mendapatkan juara nasional integrated eco farming atau kawasan pertanian terintergrasi," ujarnya.

Inovasi desa ini lanjutnya sudah dua kali ditunjukkan untuk mengikut lombanya inovasi desa. Artinya kata Erwin, Desa Sekarbiru tidak pernah mengikut lomba namun sebaliknya ditunjukkan untuk ikut.

"Alhamdulillah pada awalnya kami diikut lombakan dari 2019, kita sudah dilombakan bukan ikut lomba. Jadi pada saat itu kami mendapatkan juara satu tingkat kecamatan, juara satu kabupaten, dan di provinsi mendapat juara dua," ungkapnya.

Setelah itu, Tahun 2022 ini Desa Sekarbiru kembali ditunjuk untuk ikut lagi. "Alhamdulillah kami maju dan mendapatkan juara satu kecamatan, juara satu kabupaten dan satu provinsi. Saat ini kami masuk lima besar tingkat regional Sumatera. Untuk paparannya Inovasi kami. Ini bukan bentuk kampanye untuk Pilkades mendatang. Namun ini lah adanya," ucapnya.(Bangkapos.com/Yuranda)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved