Breaking News:

G20 Belitung

Pertemuan G20 di Belitung, Akademisi Sebut Momen Menarik Investor Tanam Modal di Bangka Belitung

Belitung menjadi tuan rumah pertemuan tingkat Menteri Development Working Group (DWG) G20 pada tanggal 7 hingga 9 September 2022 mendatang.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Dok/Ave
Dosen Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB), Ave Agave Christina Situmorang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Belitung menjadi tuan rumah pertemuan tingkat Menteri Development Working Group (DWG) G20 pada tanggal 7 hingga 9 September 2022 mendatang.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB), Ave Agave Christina Situmorang menilai Bangka Belitung akan diuntungkan dengan adanya pertemuan G20 di Belitung

"Hal tersebut dikarenakan Pulau Belitung yang menjadi tuan rumah salah satu rangkaian menjadi ajang promosi potensi-potensi yang ada Bangka Belitung ke tingkat internasional. Potensi-potensi yang ada di Bangka Belitung tersebut bisa dalam hal pariwisata maupun produk-produk lokal," ungkap Ave, Kamis (25/8/2022) kepada Bangkapos.com.

Baca juga: Soal Mandeknya Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu, Pemprov Babel Lakukan Pembahasan dengan Kemendagri

Baca juga: Kapolda Bangka Belitung Sidak Sejumlah SPBU di Pangkalpinang, Tindak Tegas Pengerit dan Oknum Nakal

Dia menyebutkan produk-produk lokal yang di tawarkan dalam pertemuan G20 diharapkan berasal dari UMKM yang telah memiliki izin usaha, izin edar serta sertifikasi halal dari pemerintah, sehingga produk lokal tersebut memiliki legal standing yang cukup kuat dalam promosi produk dilingkup internasional.

"Pertemuan G20 ini diharapkan dapat memberikan dampak yang cukup besar dalam mendongkrak kehidupan masyarakat Bangka Belitung terutama dalam aspek perekonomian masyarakat  yang dimana adanya potensi-potensi lokal yang dimiliki oleh Babel diharapkan dapat menarik para investor luar untuk dapat menanam investasi di Bangka Belitung," kata Ave.

Selain itu, adanya pertemuan G20 ini memberikan ruang terhadap pemerintah Bangka Belitung dalam menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk membangun Bangka Belitung.

"Adanya pilar dalam presidensi G20 tentang memperkuat lingkungan kemitraan dan mendorong produktivitas merupakan dasar yang penting dalam mendorong perekonomian dan jumlah wisatawan luar yang ingin datang ke Bangka Belitung," jelas Ave.

Baca juga: Pemprov Bangka Belitung Gelontorkan Rp2,5 Miliar untuk Pengamanan G20, Kerahkan 1.175 Personel Polri

Baca juga: Tiga Penambang Timah legal di Kawasan Hutan Konservasi Ditangkap Polisi, 1 Ton Pasir Timah Diamankan

untuk itu, agar hal tersebut dapat dicapai maka Bangka Belitung harus dapat berbenah segera dalam mempersiapkan kegiatan pertemuan G20 tersebut.

Dalam mempersiapkan kegiatan tidak hanya dari segi infrastruktur secara fisik saja, akan tetapi dari sisi keamanan, koneksi internet dan juga sosialisasi kepada masyarakat terkait pertemuan ini juga perlu dilaksanakan.

"Dalam kegiatan ini, masyarakat diharapkan mengetahui bahwa mereka juga memiliki peran penting agar pertemuan G20 di Bangka Belitung dapat berjalan dengan lancar.  Sumber daya masyarakat harus dipersiapkan dalam menyambut kegiatan ini, sehingga pada saat pertemuan ini berlangsung, masyarakat sudah memiliki bekal terlebih dahulu," sarannya.

( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved