Breaking News:

Dosen Prodi PBA IAIN SAS Bangka Belitung Hadiri Rakernas dan Semiloka PPPBA Indonesia

Ela juga menyampaikan, berkumpulnya para kaprodi itu, menjadi kesempatan bagi Prodi Pendidikan Bahasa Arab untuk mengadakan perjanjian kerja sama.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Novita
IST/Dokumentasi IAIN SAS Babel
Dsen Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN SAS Babel mengikut rapat kerja nasional PPPBA Indonesia dan Semiloka tentang Best Practice Kurikulum PBA sesuai MBKM, Lamdik, dan Akreditasi Internasional (AQAS) di Malang. 

BANGKA - Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Prodi PBA) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung menghadiri Rapat Kerja Nasional PPPBA Indonesia dan Semiloka tentang Best Practice Kurikulum PBA sesuai MBKM, Lamdik, dan Akreditasi Internasional (AQAS), pada Rabu (24/8/2022) hingga Jumat, (26/8/2022) di El Hotel Kartika Wijaya, Batu, Malang.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab se-Indonesia. Prodi PBA IAIN SAS Bangka Belitung sendiri diwakili oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) PBA, Ela Isnani Munawwaroh MPd.

Kegiatan ini dibuka oleh ketua umum IMLA Indonesia, Dr Tulus Musthofa Lc M.A. Dalam sambutannya,  Tulus menyampaikan, bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab harus bisa berkolaborasi satu sama lain, sehingga bisa memajukan Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia bersama-sama.

Dalam kegiatan ini, dihadirkan beberapa narasumber antara lain Prof Dr Yayan Nurbayan MA  yang menyampaikan materi tentang MBKM; Dr Hanik Mahliatussikkah MHum., yang menyampaikan materi mengenai MBKM dan akreditasi internasional (AQAS), Dr Nurhadi MA dan Dr Abd Syakur MPd, assesor LAMDIK, yang menyampaikan materi tentang akreditasi pada LAMDIK;  serta Dr Singgih Kuswardono MA yang menyampaikan materi terkait akreditasi internasional pada AQAS.

Kaprodi PBA IAIN SAS Bangka Belitung, Ela, menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Karena pada kegiatan tersebut, para Kaprodi berkumpul saling memberikan masukan dan pengalaman tentang Prodi masing-masing. Selain itu, juga diperoleh berbagai informasi tentang prodi Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia.

Ela juga menyampaikan bahwa dengan berkumpulnya para kaprodi tersebut, menjadi salah satu kesempatan bagi Prodi Pendidikan Bahasa Arab, untuk mengadakan perjanjian kerja sama, baik dengan PPPBA maupun Prodi PBA lainnya. 

Beberapa perjajian kerja sama yang sudah dilakukan antara lain, perjanjian kerja sama Prodi PBA IAIN SAS Bangka Belitung dengan PPPBA, PBA Universitas Negera Malang, PBA UIN Raden Fatah Palembang, PBA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, PBA UPI Bandung, PBA UIN Raden Intan Lampung, PBA IAIN Ponorogo, dan PBA STAIN Bengkalis.

Melalui berbagai perjanjian kerja sama tersebut, Ela berharap agar selanjutnya para civitas akademika, khususnya pada Prodi PBA IAIN SAS, bisa berperan aktif dalam mengimplementasikan kegiatan kerja sama dengan Prodi-prodi tersebut, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. (*)

Penulis : Blom

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved