Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Tim Pengabdian UBB Inisiasi Penyusunan Dokumen Deskripsi Indikasi Geografis Nanas Bikang

Tim Pengabdian Masyarakat Tingkat Fakultas (PMTF) Universitas Bangka Belitung (UBB) menginisiasi penyusunan dokumen deskripsi indikasi geografis Nanas

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Dok/Darwance
Tim Pengabdian melakukan pengambilan gambar Video Profil dan Sejarah Nanas Bikang di perkebunan nanas yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Muda Bikang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim Pengabdian Masyarakat Tingkat Fakultas (PMTF) Universitas Bangka Belitung (UBB) menginisiasi penyusunan dokumen deskripsi indikasi geografis Nanas Bikang pada tahun 2022 ini.

Ketua Tim Pengabdian Darwance mengatakan tahun lalu, pembentukan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Nanas Bikang juga sudah diinisiasi.

Kata Darwance, proses pendaftaran indikasi geografis salah satunya mensyaratkan adanya dokumen deskripsi sesuai ketentuan Pasal 56 Ayat (2) UU Merek dan Indikasi Geografis.

“Bila dilihat dari regulasinya, maka dokumen deskripsi indikasi geografis merupakan kelengkapan penting dalam proses pendaftaran indikasi geografis, dan oleh sebab itu penyusunannya pun harus didasari atas sejumlah langkah yang syarat dengan metode ilmiah sebelum akhirnya dituangkan dalam bentuk informasi berbentul dokumen deskripsi,” jelas Darwance kepada Bangkapos.com, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Cegah Pungli, Personel Polsek Tanjungpandan Belitung Lakukan Pengamanan di SPBU

Baca juga: Fenomena Open BO Siswi SMP dan SMA di Pangkalpinang, Dewan Pendidikan Sebut Perlu Peran Orangtua

Dosen Jurusan Hukum Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung ini, menyebutkan Nanas Bikang merupakan nanas bercita rasa khas yang ukuran buahnya besar dan rasanya manis, dan inilah yang membedakan Nanas Bikang dengan nanas lainnya.

"Melihat potensi ekonomi dari berkebun nanas yang menjanjikan, warga semakin banyak berkebun nanas bahkan memperluas kebun nanasnya," lanjutnya.

Hingga sekarang nanas bukan hanya jadi ikon Desa Bikang, tapi juga menjadi ikon Kabupaten Bangka Selatan.

“Bila dilihat dari karakteristiknya yang sangat khas, secara hukum kami melihat Nanas Bikang berpotensi didaftarkan sebagai indikasi geografis sebagai bentuk perlindungan kekayaan intelektual secara komunal,” kata Darwance.

Oleh sebab itu, melalui program pengabdian ini pihaknya sudah melakukan beberapa upaya, dimulai dari inisiasi pembentukan MPIG Nanas Bikang, pengumpulan data baik yang bersifat primer maupun sekundur untuk selanjutnya disusun dalam bentuk dokumen deskripsi.

Baca juga: Seru ! Besok Rekontruksi Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo Bakal Bertemu Bharada E

Baca juga: Buruan, Pemutihan Pajak Kendaraan 2022 Masih Berlaku di 7 Daerah Berikut, Paling Lama 31 Oktober

Dia mengatakan, dokumen deskprisi ini memang bukanlah dokumen resmi, tetapi paling tidak bisa digunakan sebagai salah saru referesni bilang pemohon terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan serius ingin mendaftarkan Nanas Bikang sebagai indikasi geografis.

“Setelah data terkumpulkan secara lengkap, rencananya kami akan melakukan Focus Group Discussion (FGD) mengundang pihak-pihak terkait. Selain itu, kita sedang membuat video profil dan sejarah Nanas Bikang, beberapa gambar kami ambil secara langsung di lokasi. Semoga ini berjalan baik,” harap Darwance.

Sementara itu, Sekretaris Desa Bikang Eko Cahyono yang selama ini mendampingi tim pengabdi mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan dan inisiasi yang dilakukan oleh para akademiki UBB ini.

"Apalagi Nanas Bikang bukan hanya sebagai komoditas yang dijadikan sebagai sumber ekonomi masyarakat desa, tetapi juga sebagai identitas. Kami berharap upaya yang dilakukan oleh dosen-dosen Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung yang terdiri dari Darwance, Rafiqa Sari, dan Aruna Asist aini mendapat dukungan dari berbagai pihak," kata Eko.

( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved