Breaking News:

Advertorial

SPI IAIN SAS Bangka Belitung Ikuti In House Training Internal Audit

Tim Satuan Pengawasan Internal (SPI) IAIN Syaikh Abdurahhman Siddik Bangka Belitung yang diwakili oleh oleh Himmatul Ulyah MA dan Vera Wahyuni MPd.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Tedja Pramana
IAIN SAS Babel
Tim SPI IAIN SAS Bangka Belitung saat mengikuti In House Training (IHT) Internal Audit yang diselenggarakan oleh Satuan Pengawasan Internal (SPI) Universitas Jember, (23–26/8/2022) 

BANGKAPOS.COM - Tim Satuan Pengawasan Internal (SPI) IAIN Syeikh Abdurachman Siddik Bangka Belitung yang diwakili oleh Himmatul Ulyah MA dan Vera Wahyuni MPd mengikuti In House Training (IHT) Internal Audit yang diselenggarakan oleh Satuan Pengawasan Internal (SPI) Universitas Jember  tanggal 23–26 Agustus 2022.

Pelaksanaan IHT Tahun 2022 dilaksanakan dengan tema “Resiliensi Audit Internal Dalam Mewujudkan Good University Govermance.

Tema ini diambil menyesuaikan dengan kondisi disruptif pasca pandemi covid 19. Dalam hal ini Internal Audit perlu mempersiapkan langkah yang relevan dalam pelaksanaan audit guna memberikan rekomendasi yang tepat. 

Narasumber dalam kegiatan ini diantaranya: Sumiyati, Ak., M.F.M., QGIA., QIA., Former Irjen Kementerian Keuangan yang memberikan materi terkait Penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan (SPIP) dan Audit Sumber Daya Manusia (SDM), Rita Berlis, Ak., M.M., CA., QIA., CPSt, Pengurus Pusat Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia yang memberikan materi terkait Audit Pengadaan Barang dan Jasa (BPJ) serta Audit Barang Milik Negara (BMN) serta Taufik Kurrohman. S.E., MSA., Ak., CA., QIA., CFrA., AAP-B., CSRS., CSRA., CGAE., Ph.D., Former Sekjen SPI PTN sekaligus dosen FEN Universitas Jember yang memberikan materi terkait Audit Keuangan.

IHT tahun 2022 diikuti oleh 40 peserta SPI Perguruan Tinggi di Indonesia dari berbagai kementerian, diantaranya dari Kemdikbud, Kemenag, Kementerian PU. 

Pelaksanaan IHT 2022 dilaksanakan dengan metode tutorial kelas, diskusi dan praktik Audit dari Bidang Keuangan, Pengelolaan Aset, Pengadaan Barang/Jasa, Sumber Daya Manusia serta Sistem Manajeman Mutu dan Sistem Manajeman Anti Korupsi dengan fokus pada implemantasi SPIP dan ZI-WBK/WBBM. 

Tujuan dari IHT ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kapasitasnya di bidang Audit Internal sehingga dapat memberikan manfaat untuk Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan ini, Himmatul Ulyah, M.A. selaku peserta merasa sangat terbantu dan mendapatkan banyak pelajaran.

“Alhamdulillah, saya diberikan kesempatan untuk mengikuti In House Training Internal Audit ini, disini kita belajar bukan hanya materi tetapi praktek langsung bagaimana melakukan audit dengan berbagai macam kasus yang harus dihadapi dan diselesaikan, Insyaallah ini akan menjadi pelajaran yang sangat penting untuk selanjutnya dapat diterapkan di Institusi kita” Ujar Himmatul.

Ditempat yang sama Vera Wahyuni, M.Pd juga merasa sangat bersyukur dapat mengikuti acara ini, baginya IHT adalah pengalaman pertamanya untuk belajar mengenai Internal Audit langsung dari orang orang yang berkompeten di bidangnya. 

“Disini saya dapat belajar dari orang orang yang sangat kompeten dalam Internal Audit, selain itu sangat menyenangkan dapat berkumpul dengan rekan rekan SPI Perguruan Tinggi lainnya, semakin banyak kenal teman seprofesi, Insyaallah akan semakin memudahkan dalam kordinasi dan diskusi terkait update Tugas dan Fungsi SPI” Ujar Vera.

Penulis : Himmatul Ulyah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved