Breaking News:

Berita Bangka Barat

HUT ke-288 Kota Muntok, Lapak Seni Budaya Lokal Ramaikan Muntok Arts Festival

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Jadi kota Muntok ke-288 yang jatuh pada 7 September 2022 mendatang.

Penulis: Yuranda | Editor: Tedja Pramana
ist/Rama
PJ Gubernur Babel mengunjungi lapak pelaku seni budaya di pergelangan Muntok Arts Festival, perayaan Hari Jadi Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (4/9/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Puluhan lapak pelaku seni budaya lokal terjejer rapi di pergelaran Mentok Arts Festival 2022 di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (4/9/2022) malam.

Acara tersebut digelar selama sepekan ke depan, mulai dari Minggu (4/7/2022) malam hingga Minggu (11/9/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Jadi kota Muntok ke-288 yang jatuh pada 7 September 2022 mendatang.

Selain itu, di kegiatan Muntok Arts Festival juga menyajikan beberapa rangkaian kegiatan di antaranya, pameran foto budaya, pasar seni, diskusi sastra, pemutaran film, pertunjukan teater, pementasan tari dan pertunjukan musik.

Dalam kesempatan itu, PJ Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin turut hadir saat pembukaan acara. Dia sempat mengunjungi lapak pelaku seni lokal di sana dirinya membeli beberapa miniatur dambus dan baju.

Ketua Dewan Kesenian Babar, Bambang Haryo Suseno mengatakan, kegiatan Mentok Arts Festival diadakan di dua lokasi berbeda di Kecamatan Muntok dimulai pada Minggu 4 sampai 11 September 2022.

"Dua tempat di Museum Timah dan Lapangan Gelora Muntok. Ini adalah upaya menggagas menjadikan Muntok kota berkesenian yang kondusif, egaliter, dan nyaman bagi seniman yang ada di Muntok," kata Seno panggilan akrabnya, Minggu (4/7/2022).

Seno menambahkan, untuk meramaikan Mentok Arts Festival pihaknya melibatkan sejunlah penampil dan seniman lokal dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

"Kami menampilkan 22 penampil, dan melibatkan kurang lebih seratus pelaku seni yang ada di Muntok," ujar Seno.

Kata dia, rencananya, Mentok Arts Festival bakal diadakan setiap tahun dengan tajuk yang berbeda-beda. Tahun ini tajuknya pada sedia kala, mungkin tahun depan tajuknya berbeda lagi.

Sementara, Penjabat PJ Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin dengan adanya kegiatan berkesenian ini diharapkan mampu mendorong industri kreatif kota Muntok.

"Secara profesional ini merupakan bagian industri kreatif yang sekarang banyak didorong oleh pemerintah," kata PJ Gubernur Babel.

Kemudian, kata dia, dilihat ke depan dengan dukungan teknologi, produk bagus bahkan diliat (pertunjukan) musik anak-anak itu bisa memeriahkan dunia industri digital.

"Harapannya kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan, dikembangkan, dan bukan tidak mungkin bakat anak Muntok bisa mendunia," ucap Ridwan Djamaluddin.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved