Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Setiap Hari Kasus Covid-19 di Pangkalpinang Bertambah, Dinkes Pastikan Masih Terkendali

Terjadi penambahan Kasus Covid-19, setiap harinya di Pangkalpinang. Namun penambahan kasus ini dinilai masih terkendali.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi pasien covid 

BANGKAPOS.COM, BANGKA –- Terjadi penambahan Kasus Covid-19, setiap harinya di Pangkalpinang. Namun penambahan kasus ini dinilai masih terkendali. Sebab, penambahan kasus yang dimaksud diimbangi kasus pasien yang sembuh.

“Kasus konfirmasi Covid-19  di Kota Pangkalpinang saat ini sudah kembali meningkat. Namun masih terkendali,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim, Senin (5/9/2022).

Menurut Hakim, berdasarkan grafik penambahan yang ada serta data epidemiologi kasus Covid-19 di Kota Pangkalpinang memang mengalami trend grafik infeksi Covid-19 harian kembali mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat per 5 September 2022, dalam tiga hari terakhir terdapat penambahan lima kasus baru. Sedangkan pasien yang sembuh sebanyak 15 orang dan satu orang meninggal dunia.

Bahkan penambahan kasus satu minggu terakhir sebagian besar merupakan kasus konfirmasi suspek dan kontak erat. Peningkatan kasus terjadi pada kelompok usia anak. Sampai dengan minggu keempat bulan Agustus 2022, peningkatan kasus sudah melebihi kasus total kasus pada bulan Juli 2022 dengan satu kasus kematian yakni komorbid dan belum divaksin. 

“Situasi ini harus tetap diwaspadai terhadap terjadinya lonjakan kasus kembali,” beber Hakim.

Dia menambahkan, dari kasus yang ada, saat ini banyak ditemukan klaster keluarga di Kota Pangkalpinang. Banyaknya klaster keluarga disebut lantaran pasien Covid-19 banyak yang tak bergejala atau bergejala ringan, sehingga mereka tetap berinteraksi seperti biasa bersama keluarga di rumahnya.

“Sekarang banyak kluster keluarga, mereka ini para pelaku perjalanan,” sebutnya.

Walaupun begitu kata Hakim, kasus Covid-19 di Kota Pangkalpinang masih dalam kategori terkendali. Penggiatan skrining Covid 19 di tempat-tempat umum ataupun tempat-tempat yang beresiko tinggi kini masih terus dilakukan.

Sampai saat ini kasus Covid-19 secara kumulatif di Kota Pangkalpinang mencapai 17.874 jiwa. Rinciannya 17.539 jiwa dinyatakan sembuh, 16 kasus aktif dan 319 orang meninggal dunia.

“Alhamdulillah hari ini tidak ada penambahan kasus positif, maupun kasus meninggal dunia. Bahkan empat orang dinyatakan sembuh,” kata Hakim.

Sementara itu laju penyuntikan Vaksin Covid-19 setiap harinya terus mengalami penurunan. Kejadian ini dirasa sudah menurun sejak hampir tiga bulan lalu. Padahal peningkatan status imunitas dengan vaksinasi merupakan cara yang paling efektif untuk menurunkan gejala berat pada dan kematian. Terutama pada kasus konfirmasi Covid 19 di Kota Pangkalpinang.

“Memang animo masyarakat memang sudah semakin jauh menurun, melihat kasus Covid-19 semakin sedikit,” ujarnya.

Hakim menyebut, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama maupun kedua di Kota Pangkalpinang sendiri belum komplet. Sementara suntikan vaksin dosis ketiga atau penguat atau booster baru mencapai seperempat target penerima vaksin.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved