Breaking News:

Berita Bangka Barat

Pelabuhan Tanjungular Bakal Jadi Pelabuhan Internasional, Berharap Sama Seperti Negara Singapura

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) berencana bakal menjadikan Pelabuhan Tanjungular sebagai pelabuhan Internasional.

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
Kondisi Pelabuhan Tanjung Ular, Desa Airputih, Kecamatan Muntok, Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (3/7/2022) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) berencana bakal menjadikan Pelabuhan Tanjungular sebagai Pelabuhan Internasional. Pasalnya, dulu perairan tersebut menjadi tempat lalu lintas perdagangan. 

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut ada beberapa hal yang sudah disiapkan sekma, tentang bagaimana menjadi Pelabuhan Tanjungular menjadi pelabuhan internasional

"Setelah menjadi pelabuhan internasional, khusus Muntok dan umumnya Bangka Barat akan menjadi corong ekonomi atau perputaran ekonomi dan jasa," kata Bong Ming Ming, kepada Bangkapos.com, Kamis (8/9/2022). 

Kata dia, Tanjungular ini akan mencontohkan Negara Singapura. Singapura itu yang mereka jual sektor perdagangan dan jasa. 

"Ya seperti itulah yang kita garap ke depannya. Kalau semua ini terealisasi. Kita akan mengembalikan kejayaan kota Muntok. Paling tidak harapannya menyamai negara Singapura," ujarnya.

Namun ditambahkan olehnya, hal ini masih dalam kaji. Pihaknya akan menggandeng Universitas Bina Nusantara dam unsur terkait  untuk mengkaji hal tersebut. 

"Selain itu, saya juga ketemu dengan kawan-kawan di pusat mereka mengabarkan di tahun 2023, akan dimulai pembangunan perusahaan batu bara terbesar di Sumatera Bagian Selatan yang ada di tetapkan di Tanjungular, Bangka Barat," jelasnya. 

Ia berharap rencana itu dapat terealisasikan. Untuk sektor pendukung yang jelas, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat akan memperdayakan sektor pertanian seperti Muntok white paper (lada) yang bisa diekspor ke depannya. ( Bangkapos.com/Yuranda)
 

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved