Breaking News:

Berita Belitung

Tiket Pesawat Mahal Picu Tingginya Inflasi di Bangka Belitung, Ini Saran Pj Gubernur di G20

Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, Aerospace ini merupakan industri penerbangan asal Korea Selatan.

Penulis: Nurhayati CC | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Novita
Pesawat Citilink saat parkir di apron Bandara HAS Hanandjoeddin 

BANGKAPOS.COM -- Pada hari kedua, event Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung Kamis (8/9/2022) membahas mengenai Development Ministerial Meeting Side Event - Policy Support for the Development of Aerospace Industry (Session 1) di ruang Tanjungpandan, BW Suite Hotel, Tanjung Pandan, Belitung.

Menurut Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, Aerospace ini merupakan industri penerbangan asal Korea Selatan.

"Aero industri penerbangan, saya sampaikan kalau provinsi kepulauan kita ini dari sisi kebutuhan jelas kebutuhan memerlukan mobilitas, berbasis kebutuhannya jelas. Kedua, kontribusi paling besar inflasi di kita tiket pesawat perlu mengendalikan dengan cara menyuburkan industri perhubungan dalam hal ini udara," ungkap Ridwan kepada Bangkapos.com, Kamis (8/9/2022) di sela aktivitasnya.

Menurutnya, pembahasan ini untuk mendorong agar industri penerbangan dalam negeri tumbuh, sehingga baik dilakukan pembahasan berkaitan dengan penerbangan.

"Saya ingat tadi ada Airbus, Boeing, semangat  G20 ini semangat kerjasama, mereka mendorong agar lebih maju, supaya industri kita maju bisa berbagi peran. Misalnya sekarang dibangun di Eropa jauh dari pasarnya kalau di kita pasarnya besar," lanjutnya.

Baca juga: Cicipi Es Jeruk Kunci Minuman Khas Babel, Rasanya Asam Segar Bikin Kening Luhut Panjaitan Mengkerut

Baca juga: Pasca Penemuan Bayi di Kantong Plastik, Polres Pangkalpinang Terus Selidiki Identitas Orang Tua Bayi

Dia menambahkan, kerjasama dibutuhkan antara Indonesia dengan negara lainnya, sehingga dapat memberikan solusi dalam hal industri penerbangan.

"Kalau semua bangun di Eropa jauh dari pasar, pasar kita besar bekerjasama solusi win-win solusi, untuk sumber daya, penguasan teknologi sejak zaman Habibi kita punya SDM-nya sehingga dapat berkontribusi," katanya.

Terjadi Peningkatan Penerbangan

Dampak event DMM G20 di Belitung bukan hanya kepada infrastruktur saja, namun ekonomi industri penerbangan mengalami peningkatan.

Hal ini terlihat dari frekuensi penerbangan di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung selama tiga hari belakang meningkat drastis.

"Selama G20 ini setiap hari ada 17 flight, ditambah kemarin ada tiga privat flight. Termasuk juga bisa dilihat secara kasat mata, pergerakan penumpang meningkat," jelas Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Khaerul Asidiqi, Rabu (8/9/2022).

Sedangkan untuk penumpang pesawat, kini secara keseluruhan full. Namun kondisi itu sangat dinamis.

"Tentu nya dibandingkan hari-hari biasa ini di atas 80 persen. Tapi kami lihat secara kasat mata selama tiga hari ini meningkat drastis, baik dari penumpang maupun pesawatnya, hanya real-nya kami belum bisa pastikan," kata Khaerul.

Luhut Kaget Lihat Belitung Bersih

Menteri Koordinator Kemaritiman RI, Jend. TNI. Purn. Luhut Binsar Panjaitan.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan. (Tribunnews.com)
Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved