Breaking News:

Tiga Bulan Lagi Panglima TNI Andika Perkasa Pensiun, Inilah 3 Kandidat Penggantinya

Mengacu pada syarat untuk dicalonkan sebagai Panglima TNI, ada tiga nama yang berpeluang menjadi pengganti Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TN

Penulis: Nur Ramadhaningtyas | Editor: Iwan Satriawan
(Dispenad)
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa 

BANGKAPOS.COM - Tiga bulan lagi, Panglima TNI Andika Perkasa akan pensiun sebagai prajurit TNI.

Sesuai tanggal lahir, jenderal berbintang empat tersebut akan genap berusia 58 tahun pada 21 Desember 2022.

Rencana pensiunnya ini juga sudah dibicarakan sebelum dilantiknya sebagai  Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo.

Publik pun sudah mengetahui bahwa Jenderal Andika hanya bisa mengabdi sebagai Panglima TNI dalam kurun waktu 1 tahun 2 bulan.

Sosok pengganti, Jenderal Andika Perkasa pun jadi pertanyaan publik.

Sebab Presiden sudah harus mulai memilih siapa nama calon pengganti Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Karena dalam prosesnya, setelah dipilih, Presiden harus mengajukan nama calon Panglima TNI ke DPR RI untuk uji kompetensi.

Selain itu, dalam syarat sebagai Panglima TNI, calon yang dipilih juga harus perwira tinggi yang pernah menduduki kepala staf angkatan dan belum memasuki masa pensiun.

Jika mengacu pada syarat untuk dicalonkan sebagai Panglima TNI, maka mereka yang berpeluang menjadi pengganti Jenderal Andika Perkasa ada tiga nama, dilansir dari Kompas TV.

Yaitu, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (AD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (AL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (AU) Marsekal TNI Fadjar Prasetya.

Tidak hanya parameter pernah menduduki jabatan Kepala Staf Angkatan, calon kandidat juga dilihat dari usia dan sistem bergilir antarangkatan.

Mengacu pada usia, pimpinan ketiga matra di TNI tersebut sama-sama memiliki peluang yang sama, karena hingga Desember 2022 masih memiliki waktu aktif antara satu hingga dua tahun.

Lantaran ketiganya, sama-sama merupakan lulusan Akademi TNI angkatan tahun 1988.

Jenderal Dudung Abdurachman, lahir pada 19 November 1965 atau berusia 57 tahun, Laksamana Yudo Margono lahir 26 November 1965 atau berusia 57 tahun, dan Marsekal Fadjar Prasetyo lahir 9 April 1966 atau berusia 56 tahun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved