Breaking News:

Kepolisian

Kado HUT ke-265 Pangkalpinang, Polres Pangkalpinang Kini Jadi Polresta, Inilah Sejumlah Perubahannya

Alhamdulillah, sekarang sudah jadi tipe C atau Polresta. Ini secara bertahap kita lakukan, dan semua persyaratan kita lalui

Penulis: Iwan Satriawan CC | Editor: Iwan Satriawan
(Ist/Humas)
Personel Polres Pangkalpinang saat apel pagi di halaman Mako. Selasa (17/05/2022) 

BANGKAPOS.COM-Kado bagi masyarakat Kota Pangkalpinang.

Jelang HUTnya yang ke-265, Polres Pangkalpinang ditingkatkan statusnya menjadi Polres tipe C atau Polres Kota (Polresta)

Perubahan tersebut usai terbitnya Surat Kapolri Nomor: B/7235/IX/OTL.1.1./2022/SRENA September 2022 dan Keputusan Kapolri Kep/1151/VIII/2022 tanggal 30 Agustus 2022, tentang peningkatan tipe Kepolisian Resor Pangkalpinang menjadi Kepolisian Resor Kota Pangkalpinang Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Polres Pangkalpinang sendiri merupakan Polres tertua di wilayah hukum Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Saat masih berada dalam wilayah hukum Polda Sumatera Selatan, Polres Pangkalpinang awalnya bernama Polres Bangka.

Markas Komando (Mako) Polres Pangkalpinang sendiri sudah dua kali berpindah.

Awalnya Mako Polres Pangkalpinang berada di depan Rumdin Walikota Pangkalpinang.

Kini Polres Pangkalpinang menempati gedung baru di jalan Ahmad Yani Pangkalpinang.

Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono.
Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono mengatakan, setidaknya sejak dua tahun terakhir pihaknya sudah mulai mengejar untuk adanya kenaikan tipe. 

"Alhamdulillah, sekarang sudah jadi tipe C atau Polresta. Ini secara bertahap kita lakukan, dan semua persyaratan kita lalui dan alhamdulillah akhirnya disetujui," kata AKBP Dwi Budi Murtiono kepada Bangkapos.com, Senin (12/09/2022).

Tidak hanya perubahan nama, terdapat sejumlah perubahan di struktur yang semula dipimpin oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) namun kini akan dipimpin oleh perwira menengah berpangkat Komisaris Besar (Kombes).  

"Demikian halnya untuk waka polres itu akan jadi job mantap, sementara para kasat dan kabag akan dijabat Kompol. Sehingga dengan adanya pengembangan ini diharapkan bisa mengimbangi kesatuan yang sudah levelnya sama seperti kejaksaan, pengadilan dan kodim yang terlebih dahulu naik level," ungkap Dwi. 

Lebih lanjut untuk Polres Pangkalpinang diketahui mendapatkan nilai 5.100 yang tentunya, melebihi dari standar untuk naik tipe C dengan minimal nilai 4.300.

"Ada beberapa tools penilaian seperti luas wilayah, keramaian, tingkat kejahatan, dan lain-lain sudah di atas rata-rata. Jadi mungkin penangan kasus di Polres tipe D mungkin sebulan hanya 30, tapi kita bisa lebih dari itu. Lalu pelayanan lain, juga sudah melebihi standar tipe D," jelasnya. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved