Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Soal Kenaikan Tipe Polres Pangkalpinang dari D ke C, Kapolres Dijabat Kombes, Ini Pandangan Pengamat

Status Polres Pangkalpinang mengalami kenaikan tipe, dari D ke C. Institusi Polri tingkat kabupaten/kota itu bakal dipimpin perwira berpangkat Kombes

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari
istimewa
ILUSTRASI: Kantor Polres Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA –- Status Kepolisian Resor (Polres) Pangkalpinang mengalami kenaikan tipe, dari D ke C. Jika di tipe D, institusi Polri tingkat kabupaten/kota itu dipimpin anggota Polri berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), maka pada tipe C akan dipimpin oleh anggota Polri berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

Mengamati kenaikan tipe tersebut, Pengamat Hukum sekaligus Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Bangka Belitung (UBB), Dwi Haryadi menyatakan, naiknya level Polres ini merupakan sebuah peluang dan tantangan. Terutama dalam mewujudkan Polri yang Presisi atau akronim dari prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan yang diusung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Kenaikan status di dalamnya ada peluang sekaligus tantangan. Minimal dalam mewujudkan Polri yang Presisi,” kata dia kepada Bangkapos.com, Senin (12/9/2022) petang.

Untuk peluang kenaikan tipe ini kata Dwi yakni adanya penambahan personel kepolisian dipastikan akan semakin banyak, hingga anggaran yang dipastikan akan semakin bertambah. Sementara untuk tantangannya yakni, bagaimana mewujudkan Kota Pangkalpinang aman dan nyaman.

Sesuai Slogan Presisi yang menggunakan pendekatan pemolisian yang berorientasi terhadap masalah. Pertama, prediktif yang menitikberatkan pada pentingnya kemampuan pendekatan melalui upaya meningkatkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan analisa sesuai pengetahuan, data, dan metode tepat. Prediktif ini bertujuan agar Polri dapat melakukan pencegahan secepat mungkin.

“Harus makin prediktif guna meminimalisir kriminalitas melalui sinergi dengan semua stakeholder,” jelasnya.

Kemudian, responsibilitas menyertai pendekatan pemolisian prediktif yang ditujukan agar Polri secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab dan berkeadilan. Dalam artian segala tindakannya dapat dipertanggung-jawabkan, termasuk perihal diskresi jika harus dilakukan.

Berikutnya transparansi berkeadilan, ini harus dimaknai sebagai rasa tanggung-jawab yang diwujudkan dalam ucapan, sikap dan perilaku setiap melaksanakan tugas. Hal tersebut dilakukan demi menjamin kepentingan dan harapan masyarakat dalam menciptakan keamanan. Ini penting agar pelaksanaan setiap tugas kepolisian dapat menjamin rasa keamanan dan rasa keadilan masyarakat.

“Terakhir Polresta ( Polres Pangkalpinang -red) semakin transparan dan menjadi institusi terbuka sebagai pelindung dan pengayom masyarakat,” harapnya.

Kendati demikian lanjut Dwi, naiknya status dari Polres ke Polresta harus dilihat sebagai sebuah kemajuan yang harus didukung dan diapresiasi semua pihak. Ini sejalan dengan perkembangan Kota Pangkalpinang sebagai ibu kota provinsi.

Kompleksitas masalah sosial, budaya, politik, ekonomi dan lain-lain membutuhkan struktur kepolisian dengan sumber daya yang lebih memadai, baik dari sisi anggaran, sumber daya manusia dan sarana serta prasarana.

“Polresta yang Presisi pada akhirnya akan mewujudkan keadilan di masyarakat,” ujarnya.

Sempat diberitakan sebelumnya, Kepolisian Resor (Polres) di Jajaran Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) naik status dari tipe D menjadi tipe C atau menjadi Polresta, yakni Polres Pangkalpinang. Nantinya, kedua Polresta tersebut akan dipimpin perwira menengah Polri berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dari sebelumnya AKBP.

Perubahan tersebut usai terbitnya Surat Kapolri Nomor : B/7235/IX/OTL.1.1./2022/SRENA September 2022 dan Keputusan Kapolri Kep/1151/VIII/2022 tanggal 30 Agustus 2022, tentang peningkatan tipe Kepolisian Resor Pangkalpinang menjadi Kepolisian Resor Kota Pangkalpinang Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved