Breaking News:

Berita Sungailiat

Kelurahan Parit Padang Jadi Kampung Tertib Lalu Lintas

Bupati Bangka Mulkan di tengah hujan meresmikan gapura dan penetapan Kelurahan Parit Padang sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan di tengah hujan meresmikan Gapura dan penetapan Kelurahan Parit Padang sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas oleh Polres Bangka di kawasan Jalan SDN 15 Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Selasa (13/09/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Mulkan di tengah hujan meresmikan gapura dan penetapan Kelurahan Parit Padang sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas oleh Polres Bangka di Kawasan Jalan SDN 15 Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Selasa (13/09/2022).

Kegiatan ini diinisiasi Polres Bangka dan didukung CV Sumber Jadi main dealer sepeda motor Yamaha Cabang Sungailiat.

Kegiatan ini dihadiri unsur Forkopimda Bangka, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan, para pejabat dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan ini ditampilkan atraksi gerakan dasar mengatur lalu lintas oleh ibu-ibu Kampung Tertib Lalu Lintas Kelurahan Parit Padang.

Selain itu juga ditetapkan juga Duta Kampung Tertib Lalu Lintas Kelurahan Parit Padang, Sudarno dan Duta Kampus Tertib Lalu Lintas Stisipol P12 Sungailiat, Riski Nandya Ramadita yang dipilih Polres Bangka.

Baca juga: Mampu Raup Rp 200 Ribu Per Hari, Pemulung Ini Ajak Keluarga Datang ke Pangkalpinang

Baca juga: Dapat Ultimatum DPRD Soal Banjir, Wali Kota Pangkalpinang Sebut Sudah Anggarkan Dana Miliran Rupiah

Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan diwakili Waka Polres Bangka Kompol R Wardhana mengatakan penetapan Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan Parit Padang ini dipilih berdasarkan data terkait jumlah kecelakaan lalu lintas (lakalantas) 6 bulan terakhir, khususnya di Jalan SDN 15 dalam 6 bulan terakhir tidak ada terjadi kecelakaan lalu lintas dan dinilai patuh dalam menerapkan peraturan lalu lintas.

"Semoga dengan diresmikannya Kampung Tertib Lalu Lintas ini bisa menular ke kampung-kampung lainnya, sehingga menjadikan masyarakat Kabupaten Bangka bisa memiliki kesadaran lebih tinggi dalam berlalu lintas di jalan dan terciptanya budaya tertib lalu lintas," kata Wardhana.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan atas nama Pemkab Bangka dan kepala daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung kegiatan-kegiatan di Kabupaten Bangka.

"Terima kasih kepada Polres Bangka yang sudah menetapkan Kelurahan Parit Padang sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, semoga ini bisa menjadi contoh atau rule model bagi desa/kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Bangka," kata Mulkan.

Baca juga: Tiga ASN Kesbangpol Dipanggil Kejaksaan, Molen Pastikan Pegawainya Tak Tersandung Kasus Korupsi

Baca juga: Soroti Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak, Dindik Bangka Tengah Tegaskan Pentingnya Peran Guru BK

Diharapkannya kepada Lurah Parit Padang, Sudirman agar menindaklanjuti, menjaga dan memelihara Gapura Tertib Lalu Lintas ini, serta selalu mengajak masyarakat dalam tertib berlalu lintas ini.

"Karena keselamatan dalam berlalu lintas sangat penting bagi kita semua, sehingga Polres Bangka mensurvei dan mendata jumlah kendaraan yang melintas setiap hari meskipun jumlah penduduk atau arus kendaraan ramai, namun angka kecelakaan di kawasan ini rendah," ungkap Mulkan.

Menurutnya, ada 5 faktor  yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, yakni faktor pengendara (manusia), faktor arus lalu lintas, faktor infrastruktur jalan, faktor kendaraan  dan faktor lingkungan.

"Masih banyak anak-anak muda nongkrong malam-malam sambil ngetrek atau kebut-kebutan, sesekali perlu dirazia agar ada timbul efek jera," tegas Mulkan.

( Bangkapos.com'> Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved